Analisis Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama
Widyawati Fernanda, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Indonesia
Rizka Rahmadina, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Indonesia
Hasyim Asy'ari, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan SDM dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Pembangunan Jaya Bintaro. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang mendeskripsikan mengenai perencanaan SDM. Penelitian dilakukan di SMP Pembangunan Jaya Bintaro. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti model analisis data kualitatif Miles, Huberman, & Saldana dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: penyusunan perencanaan SDM berpegang kepada visi dan misi sekolah, kemudian meninjau dan merumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan masyarakat dengan pengawasan yang dilakukan secara terjadwal, baik dari kepala sekolah maupun dari tim pengembang pendidikan dari pihak yayasan. Faktor-faktor yang dapat memengaruhi perencanaan SDM dalam implementasinya yaitu: fluktuasi perubahan SDM; sirkulasi jabatan; dan pandemi Covid-19. Kendala yang dihadapi dalam implementasi perencanaan SDM: yaitu adanya benturan yang terjadi antara kegiatan yang satu dengan kegiatan yang lain, sehingga kegiatan pembinaan SDM harus mengalah, dan sekolah berupaya untuk menetapkan berbagai alternatif kegiatan lain untuk mengatasi hal tersebut. Terakhir, output yang dihasilkan berfokus kepada kapasitas dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan. Dengan demikian, mutu pendidikan akan terlihat dari pengembangan karakter dan kemampuan siswa, seperti prestasi-prestasi yang diraih dalam bidang akademik dan non akademik, serta hasil asesmen nasional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agmalia, M. (2021). Pengaruh kemampuan guru mengelola kelas terhadap efektivitas belajar siswa SMP Pembangunan Jaya Bintaro. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Akilah, F. (2017). Manajemen perencanaan sumber daya manusia di bidang pendidikan: manifestasi dan implementasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 81–94. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.156
Anonim. (n.d.). SMP Pembangunan Jaya. smppjbintaro.sch.id. Diakses pada 18 November, 2022, dari https://smppjbintaro.sch.id/
Arbangi, Dakir, & Umiarso. (2016). Manajemen mutu pendidikan. Jakarta: Kencana.
Gaol, C. J. L. (2014). A to Z human capital manajemen sumber daya manusia: Konsep, teori, dan pengembangan dalam konteks organisasi publik dan bisnis. Jakarta: PT Grasindo.
Hedge, J. W., & Rineer, J. R. (2017). Improving career development opportunities through rigorous career pathways research. RTI Press Publication (RTI Press Research Report Series). https://doi.org/10.3768/rtipress.2017.op.0037.1703
Masbullah, & Bahri, S. Y. (2022). Analisis perencanaan sumber daya manusia (sdm) dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah Selong. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(1), 79–90.
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (1999). Human resource management (9th Edition). United States: South Western Publishing.
McKenna, E., & Beech, N. (2018). Manajemen sumber daya manusia (edisi terjemahan). Yogyakarta: Andi and Pearson Education Asia Pte.Ltd.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3th edition). Arizona: Sage Publicantions.
Mutrofiah. (2015). Penyusunan perencanaan program kerja untuk peningkatan mutu lulusan. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(5), 637–643.
Nawawi, H. (2015). Perencanaan SDM untuk organisasi profit yang kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Permendiknas nomor 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan oleh satuan pendidikan dasar dan menengah.
Pusmendik. (2022). Asesmen nasional. pusmendik.kemdikbud.go.id. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/page/news_detail/asesmen-nasional
Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Sudiro, A. (2010). Perencanaan sumber daya manusia. Malang:Universitas Brawijaya Press.
Syaparuddin, & Elihami. (2020). Peningkatan kecerdasan emosional (eq) dan kecerdasan spiritual (sq) siswa di SD Negeri 4 Bilokka sebagai upaya meningkatkan kualitas diri dalam proses pembelajaran PKn. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 11–29. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.325
Winarti, E. (2018). Perencanaan manajemen sumber daya manusia lembaga pendidikan. Jurnal Tarbiyatuna, 3 No. 1(1), 1–26. https://core.ac.uk/download/pdf/231315803.pdf
DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v5i1.60749
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License