Pengembangan Iklim Sekolah melalui Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Heri Supriyana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Slamet Lestari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengembangan iklim sekolah melalui penerapan pendidikan karakter di SDN Percobaan 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini fenomenologi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SDN Percobaan 2 Yogyakarta. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen dengan partisipan utama kepala sekolah sedang partisipan lain yaitu guru dan siswa. Analisa data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini berupa eksplanasi tentang pengembangan iklim sekolah melalui penerapan pendidikan karakter yaitu berupa kegiatan-kegiatan yang diciptakan oleh kepala sekolah dalam rangka meningkatkan karakter anak yang meliputi; karakter nasionalis seperti kegiatan upacara bendera setiap hari senin, upacara peringatan-peringatan hari besar nasional, lomba-lomba peringatan hari kemerdekaan, dan menyanyikan lagu wajib nasional dipagi hari; karakteristik religiusitas seperti kegiatan pelaksanaan sholat dhuha dan sholat dhuhur secara berjamaah, baca tulis Al-Qur’an (BTBQ), dan pendalaman al-kitab, perayaan hari besar agama, serta kegiatan dompet kemanusiaan; karakter mandiri seperti pengadaan kegiatan perkemahan, pengadaan perpustakaan, sudut baca, mading baca, kantin sehat; karakter integritas meliputi kegiatan pembiasaan 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, Santun), kantin kejujuran, pentas seni, dan mengikutkan lomba-lomba akademik serta non akademik; karakter gotong royong seperti kegiatan kerja bakti rutin dan perawatan taman-taman sekolah.


Keywords


iklim sekolah; pendidikan karakter; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. (2021). Program penguatan pendidikan karakter menjadikan SDN Taman Prijek sebagai sekolah unggul dan berprestasi. Lamongan: Dinas Pendidikan.

Anshori, I. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Cohen, J., McCabe, E. M., Michelli, N. M., & Pickeral, T. (2009). School climate: research, policy, teacher education and practice. Teachers College Record, 111. 180-213. 10.1177/016146810911100108.

Depdiknas. (2007). Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2010). Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 28 tahun 2010 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah/madrasah. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. (2018). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter di satuan pendidikan formal. Jakarta: Depdikbud.

Fepriyanti, U., & Suharto, A. W. B. (2021). Penguatan pendidikan karakter melalui keteladanan guru dan orang tua siswa. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 135–146. https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4587

LPPKS. (2011). Panduan diklat calon kepala sekolah in service learning 2 Kabupaten Karanganyar. Yogyakarta: LPPKS.

Menkumham RI. (2017). Peraturan presiden nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. Jakarta: Menkumham RI.

Menkumham RI. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter bahwa Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Menkumham Republik Indonesia.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis. California: Sage Publications.

Nazir, M. (1983). Pengantar metodologi penelitian. Jakarta: Institut Ilmu Pemerintahan Press.

Syamsul, M. (2021). Model pendidikan karakter di SDN Kedung Soko 1 melalui program pengembangan diri dan kultur sekolah. Lamongan: Dinas Pendidikan.

Tajri, M. (2021). Membangun kultur sekolah menuju SDN Sidokumpul yang berprestasi dan mandiri. Lamongan: Dinas Pendidikan.

The National School Climate Council (2007). The school climate challenge: narrowing the gap between school climate research and school climate policy, practice guidelines and teacher education policy. https://portal.ct.gov/-/media/SDE/School-Climate/school_climate_standards_csee-March_2010.pdf




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v5i1.60745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats