Implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan di Sekolah Menengah Kejuruan

Alisa Alfina, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Lestari Fitria Wulandari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) implementasi
Gerakan Sekolah Menyenangkan; 2) kendala dalam implementasi Gerakan Sekolah
Menyenangkan; dan 3) upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala dalam
implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri 1 Cangkringan Yogyakarta. Metode penelitian ini
menggunakan kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri.
Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang menggunakan teknik interaktif (Miles & Huberman), dengan tahapan kondensasi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian menemukan bahwa: 1) implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan
mewujudkan perubahan pada lingkungan sekolah, pembelajaran menjadi
menyenangkan, dapat pengembangan karakter siswa, dan menciptakan kerjasama
dengan berbagai pihak; 2) kendala dalam implementasi Gerakan Sekolah
Menyenangkan adalah kurangnya pemahaman guru dan masyarakat terkait Gerakan
Sekolah Menyenangkan sehingga kegiatan pembelajaran monoton dan membosankan,
yang membuat beberapa siswa terlihat memiliki karakter bermalas-malasan dan
minimnya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran; 3) upaya yang dilakukan
untuk mengatasi kendala dalam implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan adalah
dengan mensosialisasikan Gerakan Sekolah Menyenangkan kepada semua warga
sekolah, memberikan guru diklat bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang
menyenangkan dan memotivasi siswa agar senang belajar; serta penambahan sarana
dan prasarana penunjang pembelajaran.


Keywords


implementasi, Gerakan Sekolah Menyenangkan, Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Arifin, A. S. (2021). Pembelajaran Menyenangkan. Kemendikbud.

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-menyenangkan/

Depdikbud. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem

Pendidikan Nasional.

Ghasya, D. A. V. (2018). Gerakan Sekolah Menyenangkan dan Ramah Anak (GSMRA) sebagai Wujud Rekonstruksi Pelaksanaan Pendidikan pada Jenjang Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018.

Global, I. (n.d.). Pedagogical Practice. https://www.igiglobal.com/dictionary/ integration-of-digital-games-into-pedagogical-practice/22159

Harmoko, N. F. (2019). Kolase SMK dalam Menyiapkan Sumber Daya Hospitality.1–128.

Harususilo,Yohanes Enggar. (2019). Dorong Potensi Siswa Lewat Gerakan Sekolah Menyenangkan. Kompas. https://edukasi.kompas.com/ dorong-potensi-siswa-lewat-gerakan-sekolah-menyenangkan.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konseptual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indra, R. (2019). Buletin Pendidikan Karakter Peserta Didik SMK. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jauhar, M. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contektual Teaching & Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Miles, M, B., Huberman, A, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. USA: SAGE.

Mulyasa. (2006). Kurikulum yang di Sempurnakan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sidi, I. D. (2005). Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta: Paramadina.

Sulistryorini (2009). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: TERAS.

Supardi. (2003). Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Prinsipnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syamsidah & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL), Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.

Thomas, J.W. (2000). A Review of Research on Project Based Learning. California: The Autodesk Foundation.

Trinova, Zulvia. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim, 1(3).

Wahyudi, Setiyawan, A., Asri, S., Widayat, W., Ahmadi, N., Hermawan, W., & Khakiki, F. (2021). Pemberdayaan guru SMK melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) untuk menumbuhkan karakter siswa. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta: 23 Oktober 2021. Hal. 575-585.

Wahyudin, U. R. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 652–663.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i2.60503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats