Permasalahan-permasalahan Pendidikan yang Dihadapi Sekolah di Tahun Pertama Pandemi Covid-19
Dwi Esti Andriani, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan pendidikan apa saja yang dihadapi sekolah pada tahun pertama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumen, dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan teori atau konstruk operasional (theory based/operational construct sampling). Dokumen yang digunakan merupakan artikel yang diambil dari kompas.com, republika.id, dan suaramerdeka.com. Artikel merupakan hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru, orang tua/wali siswa, dan siswa, yang berlokasi pada jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas/sederajat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah coding sheet dan menggunakan content analysis sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat permasalahan penyelenggaraan pendidikan yang dihadapi sekolah dalam lingkup nasional dan Jawa Tengah di tahun pertama pandemi Covid-19. Rinciannya meliputi: (1) masalah terkait siswa berupa kesulitan belajar di rumah dan rendahnya kehadiran di kelas daring; (2) masalah terkait guru berupa ketidaksiapan mengajar daring, motivasi mengajar daring rendah, dan beban kerja meningkat; (3) masalah terkait orang tua siswa berupa kesulitan mendampingi siswa, kepedulian terhadap pendidikan anaknya rendah, dan tidak setuju dengan pembelajaran daring; serta (4) masalah terkait fasilitas pembelajaran berupa akses internet yang tidak memadai dan fasilitas belajar daring yang kurang memadai. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh penelitian lain sehingga dapat diperoleh temuan yang lebih lengkap.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, Rizqon Halal Syah (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam; Jurnal Sosial & Budaya Syar’I 7 (5), 397-399. DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Amalia, A. & Sa’adah, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi. 13, 214-225. DOI: 10.35760/psi.2020.v13i2.3572
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10, 282-289. DOI: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy. 7, 281-288. DOI: 10.33394/jp.v7i4.2941
Baharuddin & F. A. Rumpa. (2020). 2019-nCOV – Jangan Takut Virus Corona. Yogyakarta: Rapha Publishing.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2, 208-218. DOI: 10.51276/edu.v2i1.112
Cahya, C., Imam Supriono, & Jati Prihatnomo. (2020, Agustus 7). Pembelajaran Daring, Menyenangkan Siswa, Sulit bagi Orang Tua. Suara Merdeka. https://www.suaramerdeka.com/news/liputan-khusus/237279-pembelajaran-daring-menyenangkan-siswa-sulit-bagi-orang-tua
Eriyanto. (2015). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya (Cetakan ke-3). Jakarta: Prenada Media Group.
Fadhillah, U. N. (2020, Desember 14). Utamakan Kejujuran, Bukan Hanya Nilai. Republika. https://www.republika.id/posts/12422/utamakan-kejujuran-bukan-hanya-nilai
Fuad, Nurhattati. (2020). Manajemen Persekolahan Era Pandemi Covid: Masalah dan Solusi. Prosiding, Seminar Arah Manajemen pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM, 2020. Malang: Universitas Negeri Malang.
Harususilo, Y. E. (2020, September 14). Sekolah di Akhir Pekan, Guru dan Siswa Pekanbaru Semangat Pantang Menyerah. Kompas. https://edukasi.kompas.com/read/ 2020/09/14/193543471/sekolah-di-akhir-pekan-guru-dan-siswa-pekanbaru-semangat-pantang-menyerah?page=all
Ihsan, D. (2020, September 15). Ini "Curhat" Guru, Siswa, Mahasiswa, dan Orangtua Soal Pembelajaran Daring. Kompas. https://www.kompas.com/edu/read/ 2020/09/15/095539371/ini-curhat-guru-siswa-mahasiswa-dan-orangtua-soal-pembelajaran-daring?page=all.
Ihsan, D. (2020, September 15). Pandemi Covid-19, Orangtua ABK Terpaksa Terapi Darurat di Rumah. Kompas. https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/15/094745571/ pandemi-covid-19-orangtua-abk-terpaksa-terapi-darurat-di-rumah?page=all
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pertanyaan dan Jawaban terkait COVID-19. Diakses 9 Juni 2021 dari https://www.kemkes.go.id/article/view/ 20031600011/pertanyaan-dan-jawaban-terkait-covid-19.html
Kurnia, D. et al. (2020, November 24). Sekolah Batasi Interaksi Murid. Republika. https://www.republika.id/posts/11922/sekolah-batasi-interaksi-murid%c2%a0
Lee, A. (2020). Wuhan Novel Coronavirus (COVID-19): Why Global Control is Challenging? Public health, 179, A1. DOI: 10.1016/j.puhe.2020.02.001
Meriana, T. & Tambunan, W. (2021). Evaluasi Persiapan Sekolah Tatap Muka di TKK Kanaan Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10, 1-12.
Mierrina, Nur Eva, & I. A. Farida. (April 2021). Penyesuaian Sekolah Siswa SMP pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 Di Daerah Urban Perkotaan. Buku disajikan dalam Seminar Nasional dan Call for Paper, di Universitas Negeri Malang.
Mulyawan, A. (2020, Oktober 22). Beban Berlipat Guru Honorer. Suara Merdeka. https://www.suaramerdeka.com/news/liputan-khusus/244702-revolusi-pendidikan-di-tengah-pandemi-beban-berlipat-guru-honorer
Nuriana, Ilma & Femita Adelina. (2021). Persepsi Orang Tua terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Riset dan Pendidikan Dasar. 1, 83-90. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/86
Poerwandari, E. K. (2017). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia (3rd ed.). Depok: Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3).
Sandi, E. D. (2020, Oktober 10). Kisah Ibu Guru Ranti, Tak Surut Langkah Dampingi Siswa ABK Riau. Kompas. https://edukasi.kompas.com/read/2020/10/10/093000171/kisah-ibu-guru-ranti-tak-surut-langkah-dampingi-siswa-abk-riau?page=all
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. 1, 1-6. DOI: 10.31599/jki.v1i1.265
Suara Merdeka. (2021). Tentang Suaramerdeka.com. Diakses tanggal 17 Desember 2021 dari https://www.suaramerdeka.com/about-us
Utomo, K. D., et al. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9, 1-9.
WHO. Apakah ada vaksin, obat, atau perawatan untuk COVID-19?. Diakses tanggal 10 Juni 2021 dari https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public
Widyastuti, Ana. (2021). Optimalisasi pembelajaran jarak jauh (PJJ), Daring Luring, BdR. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Yasland, M. et al. (2020, September 1). Belajar Daring Dianggap Lebih Boros. Republika. https://www.republika.id/posts/9811/belajar-daring-dianggap-lebih-boros
DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.59890
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License