Program Pengembangan Layanan Perpustakaan di Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus di SMAN 2 Bantul

Meilina Bustari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program pengembangan layanan perpustakaan sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bantul. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan, tenaga pengelola perpustakaan sekolah, dan relawan pustakawan muda. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk program pengembangan layanan perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bantul meliputi kegiatan layanan untuk difabel, narapidana, dan kegiatan di panti jompo;  (2) proses pelaksanaan kegiatan layanan perpustakaan terdiri atas: (a) layanan untuk difabel dengan mengundang siswa difabel dari luar sekolah untuk mengikuti kegiatan  story telling; (b) layanan bagi narapidana dilakukan dengan mengganti koleksi setiap dua bulan sekali; dan (c) layanan di panti jompo dilakukan dengan mengganti koleksi dalam jangka waktu dua bulan sekali dan memberi pendampingan bagi manula dalam memanfaatkan koleksi.

Keywords


program pengembangan, layanan perpustakaan, perpustakaan sekolah

Full Text:

PDF

References


Fuad, N. (2014). Manajemen pendidikan berbasis masyarakat. Jakarta: Raja Grafindo.

Grates, F. (2013). School library impact studies: a review of findings and guide to sources. Gretes Research Servises. Retrieved from https://www.baltimorelibraryproject,org/

Hartono. (2016). Manajemen perpustakaan sekolah; menuju perpustakaan modern dan profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartono. (2017). Strategi pengembangan perpustakaan digital dalam membangun aksesbilitas informasi: sebuah kajian teoritis pada perpustakaan perguruan tinggi islam di Indonesia. Jurnal Perpustakaan, Vol. 8, No. 1, 75-91. ISSN 1979 – 9527. Retrieved form https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/11487/8666

Inderiyeni. (2017). Evaluasi sistem layanan perpustakaan di SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru. Jurnal Pustaka Budaya, Vol. 4, No. 1, 17-32.

Lince, E.N. (2012, October 08). 76.000 sekolah belum memiliki perpustakaan. KOMPAS. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2012/10/08/11070712/76.000.Sekolah.Belum.Memiliki.Perpustakaan

Lee DTF, Yuu DSF, & Kwong ANL. (2009). Quality of life of older people in residential care home: a literature review. Jurnal of nursing and healthcare of Chronic Illness. 1(2), 116-125. Hongkong: Backwell Publishing Ltd. doi: 10.1111 / j.1752-9824.2009.01018.x.

Mansyur, M. (2015). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Pustakaloka, Vol. 7 No. 1, 43-54. DOI: https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v7i1.184

Mitchell, E. B. (2006). Inclusive urban design: streets for life. UK: Elsevier.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA

Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang perubahan atas PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Prastowo, A. (2012). Manajemen perpustakaan sekolah profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Qalyubi, S, dkk. (2007). Dasar-dasar ilmu perpustakaan dan informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Fakultas Adap UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Suwarno, W. (2014). Ilmu perpustakaan dan kode etik pustakawan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v1i2.42350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats