PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI MENGELOLA KARTU AKTIVA TETAP SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH CAWAS TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH
TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI
MENGELOLA KARTU AKTIVA TETAP SISWA KELAS XI
PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI
SMK MUHAMMADIYAH CAWAS
TAHUN AJARAN 2011/2012
Oleh:
Wulaningsih
07403244019
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kebiasaan Belajar
terhadap Prestasi Belajar pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap Siswa
Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah Cawas Tahun
Ajaran 2011/2012, (2) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar
pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Program
Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2011/2012,
dan (3) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersamasama
terhadap pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap Siswa Kelas XI
Program Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran
2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program
Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2011/2012 yang
berjumlah 78 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan
dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Kebiasaan
Belajar dan Lingkungan Sekolah yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar pada
Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap. Sebelum melakukan analisis data
diadakan pengujian prasyarat analisis terlebih dahulu yang meliputi uji linieritas
dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan ke dua menggunakan
regresi sederhana, sedangkan untuk pengujian hipotesis ke tiga menggunakan
regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Kompetensi
Mengelola Kartu Aktiva Tetap, dibuktikan rx1y = 0,535, r2
x1y = 0,286, thitung
(5,514) > ttabel (2,000), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan
Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva
Tetap, dibuktikan rx2y = 0,512, r2
x2y = 0,262, thitung (5,194) > ttabel (2,000), (3)
terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar dan Lingkungan
Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar pada Kompetensi
Mengelola Kartu Aktiva Tetap, dibuktikan Ry(1,2) = 0.609, R2
y(1,2) = 0.371, Fhitung
(22,114) > Ftabel (3,13). Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif
dari variabel Kebiasaan Belajar 55,39%, Lingkungan Sekolah 44,61%. Sedangkan
sumbangan efektif variabel Kebiasaan Belajar 20,55%, variabel Lingkungan
Sekolah 16,55%.
TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI
MENGELOLA KARTU AKTIVA TETAP SISWA KELAS XI
PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI
SMK MUHAMMADIYAH CAWAS
TAHUN AJARAN 2011/2012
Oleh:
Wulaningsih
07403244019
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kebiasaan Belajar
terhadap Prestasi Belajar pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap Siswa
Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah Cawas Tahun
Ajaran 2011/2012, (2) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar
pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Program
Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2011/2012,
dan (3) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersamasama
terhadap pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap Siswa Kelas XI
Program Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran
2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program
Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2011/2012 yang
berjumlah 78 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan
dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Kebiasaan
Belajar dan Lingkungan Sekolah yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar pada
Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap. Sebelum melakukan analisis data
diadakan pengujian prasyarat analisis terlebih dahulu yang meliputi uji linieritas
dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan ke dua menggunakan
regresi sederhana, sedangkan untuk pengujian hipotesis ke tiga menggunakan
regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Kompetensi
Mengelola Kartu Aktiva Tetap, dibuktikan rx1y = 0,535, r2
x1y = 0,286, thitung
(5,514) > ttabel (2,000), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan
Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva
Tetap, dibuktikan rx2y = 0,512, r2
x2y = 0,262, thitung (5,194) > ttabel (2,000), (3)
terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar dan Lingkungan
Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar pada Kompetensi
Mengelola Kartu Aktiva Tetap, dibuktikan Ry(1,2) = 0.609, R2
y(1,2) = 0.371, Fhitung
(22,114) > Ftabel (3,13). Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif
dari variabel Kebiasaan Belajar 55,39%, Lingkungan Sekolah 44,61%. Sedangkan
sumbangan efektif variabel Kebiasaan Belajar 20,55%, variabel Lingkungan
Sekolah 16,55%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.