IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2011/2012

Yania Risdiawati Risdiawati,

Abstract


IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD)
UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI
SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 IMOGIRI
TAHUN AJARAN 2011/2012
Oleh:
Yania Risdiawati
NIM. 08403241045
ABSTRAK
Motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri
tergolong masih rendah karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih
kurang variatif sehingga siswa merasa bosan dan hasil belajar akuntansi siswa pun rendah.
Guna mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih
variatif yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Divisions (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi
dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri serta mengetahui
respon siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjek
penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri yang berjumlah 32 siswa.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes tertulis dalam
bentuk soal uraian, instrumen untuk mengetahui motivasi belajar siswa berupa lembar
observasi, serta instrumen angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap
peningkatan motivasi belajar dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I terdapat 5 siswa yang belum mencapai
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II meningkat sejumlah 100% siswa telah
mencapai KKM. Pembelajaran kooperatif tipe STAD juga dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa, persentase motivasi belajar siswa dari siklus I sebesar 67% meningkat
menjadi 86,5% pada siklus II dan berada pada rentang skor sangat tinggi. Hasil respon
siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa juga mendapat respon positi dari siswa, hal
ini dibuktikan dari hasil distribusi angket pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan
sebesar 13%.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD, motivasi belajar, hasil belajar
akuntansi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.