HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Esti Setya Rini,

Abstract


HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN
PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN
MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI
PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN
TAHUN AJARAN 2011/2012
Oleh:
Esti Setya Rini
08403241004
ABSTRAK
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) mengetahui hubungan antara Tingkat
Pendidikan Orang Tua dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi
pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012, (2)
mengetahui hubungan antara Prestasi Belajar Siswa dengan Minat Siswa Melanjutkan
Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun
Ajaran 2011/2012 dan (3) mengetahui hubungan antara Tingkat Pendidikan Orang
Tua dan Prestasi Belajar Siswa secara bersama-sama dengan Minat Siswa
Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan
Tahun Ajaran 2011/2012.
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kalasan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik uji coba instrumen dilakukan
kepada 35 responden. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment
sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Uji prasyarat analisis
terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolonieritas. Uji hipotesis
menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Tingkat
signifikansi ditentukan 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat hubungan yang positif
dan signifikan antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Melanjutkan Studi ke
Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran
2011/2012. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,388
( sebesar 0,388>rtabel 5% sebesar 0,195). Kedua, terdapat hubungan positif dan
signifikan antara Prestasi Belajar Siswa dengan Minat Melanjutkan Studi ke
Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran
2011/2012. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,618
( sebesar 0,618>rtabel 5% sebesar 0,195). Ketiga, terdapat hubungan positif dan
signifikan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa secara bersamasama
dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI
SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012. Berdasarkan analisis diperoleh
koefisien korelasi (R) 0,683, koefisien determinasi sebesar 0,457 dan Fhitung
sebesar 48,152 (Fhitung sebesar 48,152 > Ftabel 5% sebesar 4,82).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.