PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, (2) Pengaruh Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemeberian Tugas secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 berjumlah 87 siswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Metode kuesioner untuk mengumpulkan data Motivasi Belajar dan Pemberian Tugas, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui Prestasi Belajar Akuntansi. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data untuk hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai = 0,228; r2 x1y = 0,52; thitung = 2,160 > ttabel = 2,000, (2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,294; r2 x2y = 0,086; thitung = 2,833 > ttabel = 2,000, (3) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Pemberian Tugas secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai Ry1,2 = 0.360, R2 y1,2 = 0.130, Fhitung 6,267 > Ftabel 3,11.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 berjumlah 87 siswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Metode kuesioner untuk mengumpulkan data Motivasi Belajar dan Pemberian Tugas, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui Prestasi Belajar Akuntansi. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data untuk hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai = 0,228; r2 x1y = 0,52; thitung = 2,160 > ttabel = 2,000, (2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,294; r2 x2y = 0,086; thitung = 2,833 > ttabel = 2,000, (3) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Pemberian Tugas secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai Ry1,2 = 0.360, R2 y1,2 = 0.130, Fhitung 6,267 > Ftabel 3,11.
Refbacks
- There are currently no refbacks.