PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012
Moh. Djazari, Dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, (2) pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, dan (3) pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sasma terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dan penelitian populasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta berjumlah 101 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 33 siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis 1 dan hipotesis 2 menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan pengujian hipotesis 3 menggunakan analisis regresi ganda dua prediktor yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data menggunakan uji linieritas dan uji multikolinieritas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, dengan r x1y sebesar 0,514, r2x1y sebesar 0,264 dan thitung 5,954 > ttabel 1,980. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 dengan rx2y sebesar 0,579, r2x2y sebesar 0,335dan thitung 7,066 >ttabel 1,980. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 denganRy(1,2) sebesar 0,642, R2y(1,2) sebesar 0,412 dan thitung 34,648 >ttabel 3,09.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.