DESAIN PEMBELAJARAN VOLUME KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN FILLING DAN PACKING DI KELAS V

Okto Feriana, SMA NU PALEMBANG SUMATERA SELATAN, Indonesia
Ratu Ilma Indra Putri, Universitas Sriwijaya

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lintasan belajar yang dapat membantu siswa memahami konsep volume kubus dan balok menggunakan cara filling dan packing di Kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode design research tipe validation study. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Subjek penelitian adalah siswa Kelas V MI Ma’had Islamy Palembang Sumatera Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, membuat rekaman video tentang kejadian di kelas dan kerja kelompok, mengumpulkan hasil kerja siswa, memberikan tes awal dan tes akhir, dan mewawancarai siswa. Data dianalisis secara restropektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar yang diperoleh dapat membantu siswa dalam memahami konsep volume kubus dan balok, yaitu menemukan isi kubus dan balok melalui aktivitas filling, menemukan bahwa balok yang banyak isi dari pada kubus melalui kegiatan membandingkan, menemukan konsep volume kubus dan balok, menemukan volume kubus melalui aktivitas packing, menemukan rumus volume kubus, menemukan volume dari balok melalui aktivitas packing, menemukan rumus volume balok, dan menyimpulkan rumus volume kubus dan balok.

Kata kunci: volume kubus dan balok, filling dan packing, design research

 

THE CUBE AND CUBOID VOLUME LEARNING DESIGN USING FILLING AND PACKING METHOD IN THE FIFTH GRADE OF PRIMARY SCHOOL

 

Abstract

This study was aimed at producing a learning design that can help the students to understand the concept of cube and cuboid volume using the filling and packing method in the fifth grade of the primary school. The approach used was PMRI. The subjects were the students of the fifth grade of MI Ma’had Islamy Palembang, South Sumatera. The study used validation study research design. The results show that the learning design is able to help students in understanding the concept of cube and cuboid volume; the contents of cube and cuboid through the activity of filling, the beams have more volume than the cube through comparing, the concept of the cubes and cuboid volume, the volume of a cube through the activity of packing, a formula of cube volume, the volume of the cuboid through the activity of packing, cuboid volume formula, and the conclusing out of cubes and cuboid formulas.

Keyword: cube and cuboid volume, filling and packing, learning design


Full Text:

PDF

References


Battista, M. T., Clements, D. H., Arnoff, J., Battista, K., & van Auken Borrow, C. (1998). Students’ spatial structuring of 2D arrays of squares”. Journal for Research in Mathematics Education, 29(5), 503-532.

Curry, M., & Outhred, L. (2005). Conceptual understanding of spatial measurement. Dalam P. Clarkson, A. Downton, D. Gronn, A. McDonough, R. Pierce, & A. Roche (Eds.), Building connections: Theory, research and practice (Proceedings of the 28th annual conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia, Melbourne, pp. 265-272). Sydney: MERGA.

French, D. (2004). Teaching and learning geometry: Issues and methods in mathematical education. New York: Continuum.

Gravemeijer, K., Rainero, R., & Vonk, H. (1994). Devoloving realistic mathematics education. Utrecht, The Netherlands: Frudenthal Institute.

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective. Dalam J. van den Akker, K. Gravemeijer, S. McKenney, & N. Nieveen. (Eds.), Educational Design Research. New York: Routledge. 17-51.

Hartoyo. (2009). Penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis kompetensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran”. Jurnal Kependidikan, 39(1), 67-78.

Heuvel-Panhuizen, et al. (2005). Young children learn measurement and geometry. Utrecht University: Freudental Institute.

Kohar, A. W., Fatoni, F., & Satiti, W. S. (2012). Desain pembelajaran PMRI 5: “Butuh berapa kotak kue lagi agar kardus itu penuh?” (Deskripsi Pembelajaran Volume Balok dan Kubus di Kelas 5C SD N 1 Palembang). Observation Report of Classroom Observation. Pascasarjana Universitas Sriwijaya, Palembang.

Martin, J. D. (2007). Children’s understanding of area of rectangular regions and volumes of rectangular shapes and the relationship of these measures to their linear dimensions” (Unpublished PhD thesis). MSTE Education, Turfts University.

Nurlatifah, Wijaksana, A.H., & Rahayu, W. (2013, November). Mengembangkan kemampuan penalaran spasial siswa SMP pada konsep volume dan luas permukaan dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Putri, R. I. I. (2011). Improving mathematics comunication ability of students in grade 2 through PMRI approach. Makalah dipresentasikan pada International Seminar and The Fourth National Conference On Mathematics Education. Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University.

Putri, R. I .I. (2013, April). The role of model in design research at Sriwijaya University. Dalam Zulkardi (Eds.), The First South East Asia Design/ Development Research (SEA-DR) International Conference, Unsri, Palembang.

Putri, R. I. I. (2015). Penilaian dalam pendidikan matematika di indonesia: Lokal, nasional dan internasional. Pidato Pengukuhan Sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Palembang

Revina, S., Zulkardi, Darmawijoyo, & van Galen, F. (2011). Spatial visualization tasks to support students’ spatial structuring in learning volume measurement. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 2(2), 127-146.

Rohmah, I. (2014). Meningkatkan pemahaman konsep volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar menggunakan kotak musium. Makalah dipresentasikan pada Seminar Problematika Pembelajaran Matematika. Institut Agama Islam Negeri, Tulungagung.

Sutama, Narimo, M., & Hardoyo. (2012). Pengelolaan pembelajaran matematika pasca bencana erupsi Merapi. Jurnal Kependidikan, 42(1), 7-17.

Voulgaris, S., & Evangelidou, A. (2004). Volume conception in late primary school children in Cyprus. Quaderni di Ricerca in Didattica, 14, 1-31.

Van De Walle, J. A. (2008). Elementary and middle school mathematics: Teaching developementally (7th ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistic: Suatu alternatife pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zainab, Zulkardi, & Hartono, Y. (2013). Desain pembelajaran materi pola bilangan dengan pendekatan PMRI menggunakan kerajinan tradisional kain tajung Palembang untuk kelas IX SMP. Jurnal Edumat, 4(7), 467-479.

Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2010). Pengembangan blog support untuk membantu siswa dan guru matematika Indonesia belajar pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Inovasi Perekayasa Pendidikan, 2(1). 1-24.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v46i2.9709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats