PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI

Surifah Surifah, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, Indonesia
Efi Mustiati, , Indonesia
Muhammad Zubaedy Syaifullah,
Ahmad Nasir Ari Bowo,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) dan (2) perbedaan motivasi dan minat mahasiswa mengikuti PPAk berdasarkan status akreditasi Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Objek penelitian adalah motivasi dan minat mahasiswa mengikuti PPAk. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Akuntansi pada 14 PTS di Yogyakarta, Prodi Akuntansi terakreditasi A sebanyak 5 PTS, terakreditasi B sebanyak 5 PTS, dan terakreditasi C sebanyak 4 PTS. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda dan uji beda rata-rata Kruskal Wallis dan Man Whitney test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, mahasiswa berminat mengikuti PPAk karena termotivasi mendapatkan pengetahuan tambahan, bangga memperoleh gelar akuntan, biaya terjangkau, jangka waktu pendidikan singkat, dan lebih mudah lulus ujian sertifikasi akuntan publik. Kedua, mahasiswa paling berminat mengikuti PPAk adalah mahasiswa akuntansi terakreditasi B, sebaliknya yang paling kurang berminat adalah yang terakreditasi C.

Kata kunci: motivasi, minat, pendidikan profesi akuntansi

 

THE EFFECT OF MOTIVATION ON STUDENTS’ INTEREST

IN JOINING ACCOUNTING PROFESSION EDUCATION


Abstract

This study was aimed at finding out (1) the effect of motivation on students’ interest in joining accounting profession education (APE), and (2) the differences of motivation and students’ interest in joining APE based on the accreditation status in Private Higher Education (PHE). This study used ex-post facto method. The object of this research was motivation and interest of students in joining APE.While the subjects of the study were undergraduate students majoring in accounting of private universities in Yogyakarta. The data were collected by using questionnaires. The data were analyzed using multiple regression analysis; Kruskal-Wallis and Man Whitney test. The results show that: (1) students are interested in participating APE because they are motivated to gain additional knowledge, proud to be accountants, the cost is affordable, the time courses is relatively short, and it makes them easier to pass the public accountant certification exam, (2) students who are most interested in joining APE are students from accounting department accredited as B, on the other hand the least interested students are the ones from accounting department accredited as C.

Keywords: motivation and interests, accounting profession education, private higher education

 


Full Text:

PDF

References


Arifianto, F., & Sukanti. (2014). Pengaruh motivasi diri dan persepsi mengenai profesi akuntan publik terhadap minat menjadi akuntan publik pada mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Nominal, 3(2), 150-161.

Businessdictionary. (2015). What is motivation? Diunduh dari www.businessdictionary. com.

International Federation of Accountants. (2006). Code of ethics for professional accountants. New York.

Jackling, B., de Lange, P., Phillips, J., & James, S. (2012). Attitudes towards accounting: differences between Australian and international students. Accounting Research Journal, 25(2), 113-130.

Janus, K. (2014). The effect of professional culture on intrinsic motivation among physicians in an academic medical center. Journalof Healthcare Management, 59(4), 287-304.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 179/U/2001 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntansi.

Kusumah, W. (2015, 26 Juni). Apakah minat itu?. Kompasiana. Diunduh dari http://www.kompasiana.com/.

Kusumastuti, R., & Waluyo, I. (2013). Pengaruh motivasi dan pengetahuan UU No. 5 tahun 2011 tentang akuntan publik terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Nominal, 2(2), 1-30.

Kusumo, D. (2015). Pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk) (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Mbawuni, J. (2015). Examining students’ feelings and perceptions of accounting profession in a developing country: The role of gender and student category. International Education Studies, 8(6), 9-21.

Meitiyah, A. R. (2014). Pengaruh motivasi terhadap minat sarjana akuntansi untuk mendaftar program pendidikan profesi akuntansi (PPAk) (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makasar, Makassar.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 25/PMK.01/2014 tentang Akuntan Beregister Negara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 153 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Program Prefesi Akuntan.

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Sari, R. L. P. (2012). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis web terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 42(2), 99-109.

Siegel, S., & Castellan, N. J. (1988). Nonparametric statistics for the behavioral sciences (2nd ed.). McGraw-Hill Book Company.

Sun, H., Chen, A., Ennis, C., Martin, R., & Shen, B. (2008). An examination of the multidimensionality of situational interest in elementary school physical education. Research Quarterly for Exercise and Sport, 79(1), 62-70.

Surya, M. (1985). Psikologi pendidikan. Bandung: PPB FIP IKIP.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik.

Widyastuti, S. W., Suryaningsum, S., & Juliana, K. (2004, Desember). Pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi. Makalah dipresentasikan pada Simposium Nasional Akuntan VII, Denpasar, Bali. Abstrak diunduh dari http://pdeb.fe.ui.ac.id/?p=6975.

Zaidin, A. (2004). Teori motivasi. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v46i2.9615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats