ORIENTASI DUNIA KERJA DALAM PROSES DAN STATUS AKREDITASI SMK
Abstract
Abstrak
Problematika kesenjangan antara dunia pendidikan dan kebutuhan duania kerja mempunyai dimensi yang sangat majemuk. Pertimbangan untuk mengambil kebijakan tentang prioritas pengembangan berbagai jenis dan jenjang pendidikan, system pemantauan dan evaluasi kinerja sekolah, dan indicator baku mutu yang responsive terhadap kebutuhan dunia usaha dan industry merupakan factor-faktor yang diyakini dapat menjembatani kesenjangan tersebut. Tulisan ini mengemukakan kelemahan system akreditasi sederhana berdasarkan nilai siswa yang banyak dipakai untuk menilai keberhasilan sekolah selama ini dan mengulas lebih rinci pedoman akreditasi yang sudah ada. Dengan sedikit tambahan aspek penilaian sekolah,sitem akreditasi ini kalau dilaksanakan dengan cermat dan objektif akan menyumbang secara signifikan usaha untuk menyesuaikan dan mengaitkan keluaran dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha dan industry.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jk.v28i1.7251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats