KEMAMPUAN PROFESIONAL LULUSAN TATA BUSANA FPTK IKIP YOGYAKARTA

Sri Wening, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang jennies jenis bidang pekerjaan yang sudah dimasuki oleh lulusan program studi tata busana di Industri busana, kualitas tenaga kerja lulusan program studi tata busana setra jenis jenis kemampuan kejuruan yang masih diperlukan dalam mendukung kelancaran pekerjaannya di industry busana.

Populasi dalam penelitian ini adalah para lulusan program studi tata busana mulai lulusan tahun 1990 sampai 1996 yang bekerja di iindustri busana di Yogyakarta, sebanyak 19 orang, sedang sample diambil secara secara snow ball. Perolehan data dianalisi secar deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis jenis bidang pekejaan yang usdah dimasuki oleh para lulusan di Industri busana yaitu bagian sample, supervise produksi/ penjahitan, supervise sanggan, supervise pengadaan materi, design pola dan potong dansebagai manager. Kualitas lulusan yang bekerja di bagian sample di industry garmen tingkat pengetahuan dan managemen baik, ketrampilan kerja, tanggung jawab, etos kerja dan prestasi kerja baik sekali. Kualitas lulusan sebagai manager dan pemilik modiste tingkat pengetahuan dan managemen, ketrampilan managemen baik serta tanggung jawab kerja, etos kerja, prestasi kerja baik sekali. Kualitas lulusan di bagian sample usaha modiste tingkat pengetahuan, ketrampilan, etos kerja, prestasi kerja baik dan pengetahuan tanggung jawab kerja baik sekali. Kualitas lulusan dibagian design, pola dan potong tingkat ketrampilan, etos kerja, prestasi kerja baik dan pengetahuan, tanggung jawab baik sekali. Kualitas lulusan di bagian supervisi produksi / jahitan usaha modeiste tingkat pengetahuan, etos kerja baik dan managemen , ketrampilan dan tanggung jawab, prestasi kerja baik sekali. Kualitas lulusan dibagian supervise sanggan usaha modeiste tingkat pengetahuan, etos kerja baik dan managemen ketrampilan dan tanggung jawab, prestasi kerja baik sekali. Kemampuan kejuruan yang masi diperlukan para lulusan untuk mendukung kelancaran pekerjaan adalah konstruksi pola praktis standar luar negeri,penggunaan mesin computer dan mesin produski serta pembuatan lengan jas dan celana panjang.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v28i1.7246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats