MASIH BERTAHANKAH SISTEM AMONG PADA MASA KINI? KAJIAN KONSEP DAN PRAKTIK PENDIDIKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep sistem among sebagai suatu model pendidikan dan pembelajaran yang terdapat dalam sumber-sumber tertulis, dan penerapan sistem among dalam praktek pendidikan. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan telaah pustaka (dokumentasi), dan pendekatan kualitatif deskriptif. Maksudnya, pertama dilakukan pengakajian terhadap berbagai sumber-sumber tertulis untuk memperoleh konsep tentang sistem among, kedua dilanjutkan dengan melihat, mengobservasi realitas praktek pendidikan, dan membandingkan konsep sistem among. Untuk ini maka diperlukan subyek penelitian yang terdiri dari anggota majelis luhur Tamansiswa, pamong (guru) perguruan Tamansiswa, siswa, dan juga alumni perguruan Tamansiswa. Analisis dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan menentukan tema-tema pokok kajian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem among karya Ki Hadjar Dewantara sebenarnya merupakan suatu sistem pendidikan yang lengkap dan komprehensif. Oleh karena itu, pada dasarnya dapat diterapkan sepanjang waktu, seperti yang dilaksanakan di SMA Taruna Nusantara. Namun demikian dalam pelaksanaanya untuk perguruan Tamansiswa yang terbatas fasilitasnya ada beberapa hal yang tidak bisa dilaksanakan, misalnya rumah untuk pamong dan kunjungan ke rumah siswa sudah jarang dilakukan.
Kata kunci: Sistem Among; Konsep; Praktik Pendidikan
DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v39i2.70
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JURNAL KEPENDIDIKAN
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats