TEKNIK PEMBELAJARANOBSERVASI LINGKUNGANDENGAN MEMANFAATKAN POTENSI KEARIFAN LOKALDI SEKOLAH DASAR

Imam Suyitno, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Mustofa Kamal, Universitas Negeri Malang, Indonesia
- Sunoto, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Indra Suherjanto, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pembelajaran dengan teknik observasi lingkungan berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang dipadukan dengan pendekatan kuantatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru sekolah dasar yang mewakili empat  kecamatan di Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, para guru belum membuat perencanaaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menggunakan teknik observasi lingkungan dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal. Hal ini terjadi karena guru belum memahami secara tepat proses pembelajaran menggunakan teknik observasi lingkungan dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal. Karena itu, perlu disusun acuan yang jelas dan operasional sebagai pedoman bagi guru dalam penyusunan RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.

 

Kata-kata kunci: kearifan lokal, pembelajaran, dan observasi lingkungan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v46i1.6826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Flag Counter

View My StatsCreative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats