Pop-up book media integrated Islamic values and Pancasila to foster motivation and care
Aninditya Sri Nugraheni, Tarbiyah and Teacher Training Science, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, I. S., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan bahan ajar klasifikasi materi terintegrasi matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa PGSD. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252-1258. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1019
Azzizah, R. N., & Nugraheni, A. S. (2022). Evektifitas pembelajaran bahasa indonesia materi paragraf deskripsi dan eksposisi saat pandemi covid-19 melalui aplikasi youtube. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 6(1), 53. https://doi.org/10.17977/um007v6i12022p53-64.
Fajrin, L., & Muqowim, M. (2020). Problematika pengintegrasi nilai-nilai keislaman pada pembelajaran ipa di mi miftahul huda jepara. Islamic Teacher Journal, 8(2), 295. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7522.
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Firman, R. A., & Julianto. (2021). Pengembangan media pop-up book pada mata pelajaran ipa materi daur hidup hewan kelas iv sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 09(10), 3451-3463.
Fitriah, M. (2018). Komunikasi pemasaran melalui desain visual. Deepublish.
Fittria, M. (2022). Internalisasi nilai-nilai pendidikan islam melalui pembelajaran sains di sekolah dasar. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 540-553. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS%0AInternalisasi
Fu’adah, A. (2022). Pembelajaran metode tutor sebaya meningkatkan prestasi dan motivasi belajar anak.
Hijjah, N., & Bahri, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran scrapbook mata pelajaran bahasa indonesia materi cerpen di kelas v sd negeri 064970 medan denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 24-32. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1150.
Hulub, K. Y. H., Zaman, W. I., & Permana, E. P. (2022). Pengembangan media pembelajaran pop up book pada materi keberagaman budaya untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 507-513.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 008/H/Kr/2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
Munawaroh, R. Z., Abroto, A., Nugraheni, A. S., & Carlian, Y. (2022). Penanaman nilai karakter peduli lingkungan melalui mata kuliah pendidikan lingkungan hidup pada mahasiswa PGMI. Instructional Development Journal, 5(1), 33. https://doi.org/10.24014/idj.v5i1.19102
Muzayanati, A., Maemonah, & Puspitasari, P. (2022). Efektifitas aplikasi game kahoot dalam meningkatkan motivasi di sekolah dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(January), 161-173. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8677.
Muzayanati, A., Prastowo, A., & Triwulandari, R. (2022). Analisis media berbasis web e-learning pada pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah pada masa pandemic covid 19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1966-1974.
Pratama, N. Y. P., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai-nilai pancasila dalam membentuk moral bangsa yang terkikis akibat benturan globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 962-968. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1046.
Rayanto, Y. H., & Sugiyanti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Prakte. Lembaga Academic & Research Institute.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan pop up book bahasa indonesia berbasis budaya slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857.
Wahyuni, A., Patonah, S., & Mudzanatum. (2023). Pengaruh media pembeljaaran pop-up book terhadap minat belajar peserta didik pada materi sumber daya alam kelas IV. Jurnal Dimensi Pendidikan, 19(1), 1-23. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/dm.v19i1.14945.
Wijoyo, H., Sunarsi, D., & Indrawan, I. (2021). Efektivitas proses pembelajaran di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Yuniawatika, Manggala, I. S. A., Nofitasari, N., & Rahmasari, F. D. (2021). Karakter peduli lingkungan dan kompetensi abad 21 di sekolah dasar. Bayfa Cendekia indonesia.
DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.59503
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats