METODOLOGI PEMBELAJARAN SAINS-FISIKA BERBASIS KONTEKS DAN ASESMEN OTENTIK
Paul Suparno, FKIP Universitas Pattimura, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metodologi mengajar sains-fisika berbasis konteks beserta perangkat yang melengkapinya. Penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen analisis kebutuhan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, analisis kebutuhan menunjukkan bahwa fasilitas infrastrukur untuk pembelajaran IPA di sekolah menengah atas (SMA) di provinsi Maluku masih kurang memadai. Kedua, dalam proses belajar mengajar, guru masih kurang kreatif dan model pembelajaran dan evaluasinya masih berbentuk konvensional. Ketiga, hasil test pembelajaran IPA dan asesmen otentik di SMA provinsi Maluku dapat dikategorikan sebagai efektif. Keempat, analisis kovarian multivariat menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (Fobserved = 7.47, 64.1, dan 326.56). Secara umum dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penggunaan metode ini dan asesmen otentik adalah lebih baik daripada yang melalui pembelajaran dan asesmen konvensional.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats