Gender differences: Students’ science process skills based on gender homogeneous class
Astalini Astalini, Universitas Jambi, Indonesia
Dwi Agus Kurniawan, Universitas Jambi, Indonesia
Ricky Purnama Wirayuda, Universitas Jambi, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Aldila, F. T., & Sains, K. P. (2021). Deskripsi Keterampilan proses sains siswa kesetimbangan pada tali description of science. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 112-119.
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Septiasari, R. (2019). Hubungan kompetensi pedagogik dengan kompetensi IPA mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 8(2), 149-157.
Astalini, Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi sikap implikasi sosial dari ipa, ketertarikan menambah waktu belajar IPA, dan ketertarikan berkarir dibidang ipa siswa SMP se-Kabupaten Muaro. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 93-108.
Astalini, Kurniawan, D. A., Sumaryanti, & Effendi. (2019). Deskripsi adopsi dari sikap ilmiah, kesenangan dalam belajar fisika dan ketertarikan memperbanyak waktu belajar fisika. Lembaran Ilmu Kependidikan, 48(1), 1-6.
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Astalini, A. (2020). Analisis keterampilan proses sains siswa pada materi pemantulan pada cermin datar. Jurnal Pendidikan, 5(7), 1013-1019. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13804
Darmaji, Kurniawan, dwi agus, & Irdiyanti. (2019). Physics education students’ science process skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 293-298.
Darmaji, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., & Irdianti. (2018). Deskripsi keterampilan proses sains mahasiswa pada materi termodinamika. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 345-353.
Diego, P., Nur, M., & Suprapto, N. (2020). Improving critical thinking skill of junior high school students through science process skills based learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2), 166-172.
Fatonah, U., Wirayuda, R. P., Wibisono, G., & Sakahuni, S. (2020). Analisis minat belajar kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Penuh pada pembelajaran fisika. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(2), 145-152.
Fernando, F., Permana, N. D., Zarkasih, Z., & Ilhami, A. (2021). Studi analisis keterampilan proses sains melalui penerapan model pembelajaran cooperative ditinjau dari perspektif gender. Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 19(2), 148. https://doi.org/10.24014/marwah.v19i2.10177.
Fiteriani, I. (2017). Studi komparasi perbedaan pengaruh pemahaman konsep dan penguasaan keterampilan proses sains terhadap kemampuan mendesain eksperimen sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 47-80. http://103.88.229.8/index.php/terampil/article/view/1805.
Hariningwang, C. N., & Fitrihidajati, H. (2020). Profil lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis praktikum materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk melatihkan keterampilan proses sains terintegrasi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1), 49-59.
Henikusniati, H. (2018). Penerapan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar kimia SMK Negeri 3 Mataram. Biota, 8(1), 37-42. https://doi.org/10.20414/jb.v8i1.57.
Husna, A., & Suryana, B. (2017). Metodologi penelitian dan statistik. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan KeMenKes R
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Profil literasi sains dan keterampilan berpikir kritis pendidik IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.185.
Janah, M. C., & Widodo, A. T. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097-2107.
Jannah, U., Prastowo, S. H. B., & Subiki. (2018). Analisis keterampilan proses sains terintegrasi dalam pembelajaran fisika pada siswa SMK Negeri 5 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 341-348.
Jaya, I. (2010). Statistik penelitian untuk penelitian. Citapustaka Media Perintis.
Maharani, R. J. P., Taufik, M., Ayub, S., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan bantuan media tiga dimensi terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 113-118. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.326.
Mahdian, M., Almubarak, A., & Hikmah, N. (2019). Implementasi model pembelajaran icare (introduction-connect-apply-reflect-extend) terhadap keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.184.
Mahmudah, I. R., Makiyah, Y. S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Profil keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA di Kota Bandung. Diffraction, 1(1), 39-43.
Muliadi, A. (2020). Perbedaan gender dalam sikap entrepreneur mahasiswa pendidikan biologi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 329-334.
Nadira, N., Tawil, M., & Arsyad, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari gender peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Majene (Doctoral dissertation). Universitas Negeri Makassar.
Nafi’ah, U., Wahyu, I., & Utami, P. (2017). Development of sigil based e-book as media for “technology and information for history learning course. Paramita - Historical Studies Journal, 27(1), 103-112. https://doi.org/10.15294/paramita.v27i1.7926.
Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 49-55.
Novitasari, A., Ilyas, A., & Amanah, S. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi fotosintesis kelas XII IPA di SMA Yadika Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 91-104. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1267
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 06(1), 35-43.
Nurfitriani, N., Wulan, A. R., & Anggraeni, S. (2018). Pengembangan asesmen kinerja untuk menilai keterampilan proses sains terintegrasi siswa pada konsep ekosistem. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 33. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i1.11454.
Nurqolbi, R. I., Riyanto, A. A., & Lestari, R. H. (2019). Pengaruh keterampilan proses sains. Jurnal Ceria, 2(5).
Panuluh, A. H, Dian, A. E., & Dwi, K. Y. (2020). Physics education students’ perception on the use of motion detector in linear motion practicum. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012087
Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79-88.
Rezba, R. J., Sprague, C. R., Donnough, J. T. M., & Matkins, J. J. (2007). Learning & assessing: Science process skills (5th ed.). Kendal/Hunt Publishing Company.
Rizal, R. (2019). Implementasi discovery learning untuk meningkatkan keterampilan dasar proses sains siswa sma. Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.3618.
Rizal, R., & Suhandi, A. (2017). Penerapan pendekatan demonstrasi interaktif untuk meningkatkan keterampilan dasar proses sains siswa. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 40-50.
Siswono, H. (2017). Analisis pengaruh keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Physics Education Journal, 01(2), 83-90.
Sitorus, D. S., Siswandari, & Kristiani. (2019). The effectiveness of accounting e-module integrated with character value to improve students learning outcomes and honesty. Cakrawala Pendidikan, 38(1), 120-129.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. S. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.
Sudiarman, Soegimin, W., & Susantini, E. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar topik suhu dan perubahannya. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 658-671.
Suhada, H. (2017). Model pembelajaran inquiry dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 08(2), 13-24.
Sujarwanto, E., & Putra, I. A. (2018). Investigasi keterampilan proses sains terintegrasi mahasiswa pendidikan fisika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Physics Education Journal, 2(2), 79-85.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Jurnal Bio Education, 02(2), 50-59.
Susanto, I. B., & Erman. (2018). Keterampilan proses sains peserta didik pada sub materi tekanan zat cair. E-Journal-Pensa, 06(2), 84-88.
Thoriquttyas, T., & Rohmawati, N. (2018). Segregasi gender dalam manajemen peserta didik di lembaga pendidikan Islam. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 6(2), 289-314.
Ulmiah, N., Andriani, N., & Fathurohman, A. (2016). Studi keterampilan proses sains siswa SMA kelas x pada pembelajaran fisika pokok bahasan suhu dan kalor melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di SMA Negeri 11 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 52-60. https://doi.org/10.36706/jipf.v3i1.3429
Ulya, I. (2018). Pendidikan berbasis kesetaraan gender: Studi kebijakan pemerintah dan aplikasinya dalam pendidikan. Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 4(1), 11–32. https://doi.org/10.31942/mgs.v4i1.946.
Winarsunu, T. (2017). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan (Volume 1). UMM Press.
Wirayuda, R. P., Darmaji, D., & Kurniawan, D. A. (2022). Identification of Science process skills and students’ creative thinking ability in science lessons. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 129-137.
Wirayuda, R. P., Wandai, R., & Ginting, A. A. B. (2021). Hubungan sikap siswa terhadap hasil pembelajaran fisika SMA N 1 Kota Sungai Penuh. Integrated Science Education Journal, 3(1), 24-27.
Yanti, R. (2020). Penyusunan instrumen tes keterampilan proses sains pada mata pelajaran ipa di smpn 14 kota bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 9(1), 1763-1765. https://doi.org/10.26740/jpps.v9n1.p1763-1765.
DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v6i2.42654
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats