KEEFEKTIFAN STRATEGI TANGGAPAN DAN KOMENTAR TERHADAP BACAAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS

Restiana Wati, PPs UNY, Indonesia
Darmiyati Zuchdi, PPs UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan strategi pembuatan tanggapan dan strategi komentar terhadap bacaan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kefektifan strategi pembuatan tanggapan terhadap teks, strategi komentar terhadap bacaan, dan strategi konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Sampel penelitian ini adalah 92 siswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians satu jalan dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi pembuatan tanggapan terhadap teks dan strategi konvensional. Kedua, pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara strategi komentar terhadap bacaan dan strategi konvensional. Ketiga, tidak terdapat perbedaan antara strategi pembuatan tanggapan terhadap teks dan strategi komentar terhadap bacaan, namun hasil rata-rata kelompok eksperimen 1 lebih besar dibandingkan kelompok eksperimen 2. Dengan demikian, urutan keefektifan ketiga strategi tersebut adalah strategi pembuatan tanggapan terhadap teks, strategi komentar terhadap bacaan, dan strategi konvensional

THE EFFECTIVENESS OF RESPONSE STRATEGY ON TEXT AND COMMENTS ON READING IN LEARNING WRITING

This study aimed to examine the effectiveness of the strategy of making responses and strategies for commenting on the reading in learning to write exposition text for Junior Hight School level. This study was also to determine the effectiveness of strategies for making responses to texts, strategies for commenting on reading, and conventional strategies in learning to write exposition texts. The sample of this study was 92 students who were selected through cluster random sampling technique. The data collection technique used a written test. The data analysis technique used was one-way analysis of variance and continued with the Scheffe test. The results showed that first, there was a significant difference between the strategy for making responses to the text and the conventional strategy. Second, result in this study is that there is a difference between the commentary strategy on reading and the conventional strategy. Third, there is no significant difference between the strategy for making responses to text and the strategy for commenting on reading, but the average result of the experimental group 1 is greater than that of the experimental group 2. Thus, the order of the effectiveness of the three strategies is the strategy of making responses to text, the strategy of commenting on readings, and conventional strategies.


Keywords


strategi tanggapan terhadap teks, strategi komentar terhadap bacaan, menulis, teks eksposisi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. PT Refika Aditama.

Babcock, M. J. (2007). Learning log in introductory literature courses. Teaching in Higher Education, 12(4), 513-523. http://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/13562510701415615.

Bahri, A. (2016). Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan metode cush word. Konfiks Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 3(2), 93-102. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/view/391.

Balta, E. E. (2018). The relationships among writing skill, writing anxiety and metacognitive awareness. Journal of Education and Learning, 7(3), 233-241. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1174453.pdf.

Basuki, Suryani, Y. E., & Setiyadi D. B. P. (2017). Kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Litera, 16(1), 12-20. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/14247/9434.

Budiani, S. A. (2018). Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan metode brainwriting. Pedagogie, 13(1), 37-42. http://www.ccsenet.org/journal/index.php/jel/article/view/73463.

Creswell, J. W. (2017). Research design pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Pustaka Pelajar.

Crawford, A., Saul, E. W., Mathews, S., & Makinster, J. (2005). Teaching and learning strategies for the thinking classroom. The International Debate Education Association.

Durfee, P. B. (2012). Writing to learn in teachical writing. College Teaching, 37(1), 8-11. https://doi.org/10.1080/87567555.1989.10532145.

Javed, M., Juan W. X., & Nazli S. (2013). A study of students assesment in writing skills of the english language. International Journal of Instruction, 6(2) 129-144. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED544075.pdf.

Kosasih, E. (2017). Buku guru bahasa Indonesia untuk SMP/MTS Kelas VIII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.

Mijianti, Y., & Puspitosari, E. P. (2019). Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan metode take and give dengan pemanfaatan strategi 3W2H. Belajar Bahasa, 4(1), 149-159. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/1873/1537.

Mochtar. (2017). Analysis of teacher beliefs and efficacy for teaching writing to weak learners. English Language Teaching, 10(9), 208-217. http://doi.org/10.5539/elt.v10n9p208.

Puspitaningrum, I. (2019). Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan metode Inquiry pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banyumas. Jurnal Metafora, 5(2), 116-130. http:// jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/5078/2648.

Sumarwati, Anindyarini, A., & Fuady, A. (2014). Pembelajaran kaidah bahasa Indonesia dan keterampilan berbahasa secara terpadu dengan pendekatan focus on form pada siswa sekolah menengah pertama. Litera, 13(1), 103-113. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/1906/1560.

Syamsi, K. (2012). Model perangkat pembelajaran menulis berdasarkan pendekatan proses genre bagi siswa smp. Litera, 11(2), 288-297. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/1070/942.

Thomson, L. (2013). Learning to teach creative writing. Changing English, 20(1), 45-52. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/1358684X.2012.757060.

Ulusoy, M., & Dedeoglu, H. (2011). Content area reading and writing: Practices and beliefs. Australian Journal of Teacher Education, 36(4), 1-16. https://ro.ecu.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?article=1546&context=ajte.

Zuchdi, D. (2011). Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktik. UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.38799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats