MANUSIA BERKARAKTER DALAM PERSPEKTIF GURU DAN SISWA
Widyastuti Purbani, FBS UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perspektif guru dan siswa tentang manusia berkarakter yang akan digunakan untuk mengembangkan modul pendidikan karakter dengan pendekatan holistik dan kontekstual bagi siswa SMA. Peneliltian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa SMA dari sekolah Muhammadiyah, sekolah negeri dan sekolah nasional yang berada di Kota Yogyakarta. Data digali dengan wawancara mendalam, observasi dan partisipasi serta FGD. Proses analisis data dengan reduksi, kategorisasi, dan memberikan makna dengan menggunakan trianggulasi untuk menentukan keabsahan data. Hasil penelitian secara umum menyimpulkan bahwa manusia berkarakter dalam perspektif guru dan siswa memiliki beragam makna. Manusia berkarakter memiliki ciri yang sangat kompleks sehingga proses untuk menanamkan nilai-nilai karakter dalam pribadi guru dan siswa sama-sama membutuhkan waktu. Guru dan siswa sama-sama menyadari bahwa mereka belum memiliki semua nilai-nilai karakter dalam pribadinya. Namun demikian, guru dan siswa sama-sama menginginkan menjadi manusia yang bekarakter. Guru dan siswa menyadari bahwa jika manusia tidak memiliki nilai-nilai karakter cenderung akan menghadapi berbagai persoalan hidupnya, baik masalah personal maupun sosial
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jk.v42i1.2234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats