PENGEMBANGAN MODEL PANDUAN PENDIDIK PENGAJARAN SASTRA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER
Wiyatmi Wiyatmi, FBS UNY, Indonesia
Hartono Hartono, FBS UNY, Indonesia
Anwar Efendi, FBS UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model panduan pendidik pengajaran sastra berbasis pendidikan karakter. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 10 guru bahasa Indonesia,
150 siswa kelas 2 dari 10 sekolah, serta empat ketua MGMP kabupaten/kota dan satu ketua MGMP provinsi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah human instrument, wawancara, observasi, angket, dan format penelaahan. Analisis data dilakukan melalui teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persoalan yang dihadapi oleh para guru adalah kurangnya sumber-sumber pengayaan untuk mengembangkan pembelajaran sastra, baik dalam bentuk perangkat pembelajaran maupun praktinya di kelas, yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter. Oleh karena itu, diperlukan buku panduan pengajaran sastra berbasis pendidikan karakterFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jk.v42i1.2228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats