TRANSFORMASI SOSIAL DI PEDESAAN: STUDI FENOMENOLOGIS PROSES PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Rahmad Santosa, Fak Ilmu Sosial dan Politik Univ Jend Soedirman, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transformasi sosial anggota masyarakat pedesaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma fenomenologis untuk menganalisis data penelitian. Subjek penelitian terdiri dari para anggota masyarakat miskin dan para pengrajin keramik di desa Panjangrejo, kabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan desa tradisional pengrajin keramik menjadi desa moderen pengrajin keramik bermula dari inovasi individual yang dilakukan oleh para pengrajin keramik itu sendiri. Perubahan ini juga diikuti oleh dinamika internal masyarakat dan akhirnya mendorong munculnya pemberdayaan masyarakat dan proses transformasi sosial.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v41i1.1898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Flag Counter

View My StatsCreative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats