UPAYA MENINGKATKAN PEROLEHAN KOSAKATA DALAM PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN VSS PADA SISWA SMP

Windarti Windarti, , Indonesia
C. Asri Budiningsih, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perolehan kosakata dalam pemahaman membaca bahasa Inggris menggunakan Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalasan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kalasan tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi VSS dapat digunakan untuk meningkatkan perolehan kosakata dalam pemahaman membaca bahasa Inggris. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang lulus standar KKM pada siklus I dan II. Nilai rata-rata tes pada siklus I adalah 77,2. Nilai rata-rata tes pada siklus II adalah 82,4. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi VSS dapat meningkatkan perolehan kosakata bahasa Inggris dalam pemahaman membaca siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalasan.
Kata kunci: VSS, perolehan kosakata, pemahaman membaca bahasa Inggris.
THE EFFORT TO IMPROVE VOCABULARY ACQUISITION IN ENGLISH READING COMPREHENSION USING VSS ON THE STUDENTS OF SMP
Abstract This study aims to improve vocabulary acquisition in English reading comprehension using Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) on the seventh grade students of SMP Negeri 3 Kalasan. This was an action reserch study consisting of two cycles. Each cycle consisted of four steps, namely planning, implementation, observation, and reflection. The research subjects were 32 seventh grade students of SMP 3 Kalasan in the academic year of 2013/2014. The data were collected through observation, tests, and interviews and analyzed by means of quantitative and qualitative descriptive techniques.The result shows that VSS could be used to improve vocabulary acquisition in English reading comprehension. The increase of students` learning achievement was shown through the increasing number of students who passed the KKM in cycle I and II. The avarage test score in cycle I was 77.2. The average test scores in cycle II was 82.4. The conclusion of this research is that the implementation of VSS could improve the vocabulary acquisition in English reading comprehension on the seventh grade students of SMP Negeri 3 Kalasan.
Keywords: VSS, vocabulary acquisition, English reading comprehension

Keywords


VSS; perolehan kosakata; pemahaman membaca bahasa Inggris

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Windarti Windarti, C. Asri Budiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics