PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI TATA CARA SHOLAT UNTUK SEKOLAH DASAR

Zinnurain Zinnurain, IKIP Mataram, Indonesia
Abdul Gafur, Faklutas Ilmu Sosial UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran PAI materi tata cara sholat yang layak digunakan untuk siswa sekolah dasar ditinjau dari aspek materi, pembelajaran, tampilan dan pemrograman; (2) mengetahui respons siswa dan (3) mengetahui efektifitasnya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan research and development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Samirono, Sleman, Yogyakarta. Uji validitas multimedia dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Produk multimedia pembelajaran PAI materi tata cara sholat ini layak atau valid, terbukti dari penilaian ahli materi terhadap aspek materi dengan kategori sangat baik (4,3) dan aspek pembelajaran berkategori baik (3,83), sedangkan penilaian ahli media terhadap multimedia pembelajaran yang dikembangkan, aspek tampilan berkategori sangat baik (4,2) dan aspek pemrograman berkategori sangat baik (4.4). Berdasarkan penilaian dari guru, aspek materi berkategori sangat baik (4,6), aspek pembelajaran berkategori sangat baik (4,08), aspek tampilan berkategori sangat baik (4,45) dan aspek pemrograman berkategori baik (3,8). (2) Respon siswa terhadap multimedia yang dikembangkan sangat baik (95,51%). (3) Keefektifan multimedia pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori “tinggi”, hal ini ditunjukkan dari rerata kenaikan skor seluruh siswa sebesar 0,71.

Keywords


pengembangan; multimedia; tata cara sholat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Zinnurain Zinnurain, Abdul Gafur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics