PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI TATA CARA SHOLAT UNTUK SEKOLAH DASAR
Abdul Gafur, Faklutas Ilmu Sosial UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran PAI materi tata cara sholat yang layak digunakan untuk siswa sekolah dasar ditinjau dari aspek materi, pembelajaran, tampilan dan pemrograman; (2) mengetahui respons siswa dan (3) mengetahui efektifitasnya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan research and development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Samirono, Sleman, Yogyakarta. Uji validitas multimedia dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Produk multimedia pembelajaran PAI materi tata cara sholat ini layak atau valid, terbukti dari penilaian ahli materi terhadap aspek materi dengan kategori sangat baik (4,3) dan aspek pembelajaran berkategori baik (3,83), sedangkan penilaian ahli media terhadap multimedia pembelajaran yang dikembangkan, aspek tampilan berkategori sangat baik (4,2) dan aspek pemrograman berkategori sangat baik (4.4). Berdasarkan penilaian dari guru, aspek materi berkategori sangat baik (4,6), aspek pembelajaran berkategori sangat baik (4,08), aspek tampilan berkategori sangat baik (4,45) dan aspek pemrograman berkategori baik (3,8). (2) Respon siswa terhadap multimedia yang dikembangkan sangat baik (95,51%). (3) Keefektifan multimedia pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori “tinggi”, hal ini ditunjukkan dari rerata kenaikan skor seluruh siswa sebesar 0,71.
Keywords
pengembangan; multimedia; tata cara sholat
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7605
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Zinnurain Zinnurain, Abdul Gafur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics