PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Nazalin Nazalin, SMAN 1 Tomia Waktobi Sulawesi Tenggara, Indonesia
Ali Muhtadi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon untuk siswa SMA kelas XI, dan mengungkapkan kelayakan produk multimedia interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D), yang terdiri atas tiga tahapan, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Tahap perencanaan meliputi identifikasi ruang lingkup materi, karakter siswa, pengumpulan sumber, diskusi ide awal, dan penetapan rencana tampilan. Tahap desain meliputi analisis instruksional serta pembuatan flowchart dan storyboard. Tahap pengembangan meliputi penyiapan teks, grafik, audio, dan video, penggabungan bagian, pembuatan materi pendukung, uji alfa, revisi, uji beta, serta validasi program. Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk yang dihasilkan adalah multimedia interaktif pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon yang terdiri dari kompetensi, materi ajar, evaluasi, dan game; dan (2) produk yang  dikembangkan  layak  digunakan  sebagai media pembelajaran kimia materi hidrokarbon berdasarkan validasi ahli media dengan hasil penilaian baik, validasi ahli materi dengan hasil penilaian sangat baik, penilaian oleh siswa dengan hasil penilaian sangat baik, serta produk yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon.

Kata Kunci:  pengembangan multimedia, multimedia interaktif, pembelajaran kimia, hidrokarbon

 

 

DEVELOPING CHEMISTRY TEACHING INTERACTIVE MULTIMEDIA ON HYDROCARBON COURSE FOR CLASS XI STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL

Abstract

This research aims to develop chemistry teaching interactive multimedia on hydrocarbon course for class XI students of senior high school, and reveal the appropriateness of the developed chemistry teaching interactive multimedia. This study uses research and development (R & D), which consists of three phases, including planning, design, and development. The planning stage includes the identification of the scope of the material, the student's character, the collection of sources, discussion of the initial idea, and the determination of a display. Instructional design phase includes the analysis and the making flowchart and storyboards. The development phase includes the preparation of text, graphics, audio, and video, the incorporation of parts, manufacturing support materials, alpha testing, revision, beta testing, and validation programs. The results are as follows. (1) The developed product is chemistry teaching interactive multimedia on hydrocarbon course consisting of competence, teaching material, evaluation, and game. (2) The developed product is appropriate to use as chemistry teaching media on hydrocarbon course, based on the media experts’ validation shows a good result, the subject matter experts validation shows a very good result, the  students’ evaluation shows a very good result, and the developed product is effective to increase students’ chemistry learning achievement on hydrocarbon course.

Keywords: multimedia development, interactive multimedia, teaching chemistry, hydrocarbon

Full Text:

PDF

References


Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development. Massachusetts: Allyn & Bacon.

Bardi, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 49-63. Retrieved fromhttp://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/5203/4509

Carroll, W. F., & Sherman, K. M. (2008). Chemistry in the national education standar (2 ed.). (Penyunting: S. L. Bretz) Washington: American Chemical Society, Education Division.

Domagk, S., Schwartz, R. N., & Plass, J. L. (2010). Interactivity in multimedia learning: An integrated model. Komputers in Human Behavior Journal, 11-21. Diunduh tanggal 5 September 2014.

Hake, R. (1998). Interactive engagement versus traditional methods: a six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics course [Versi elektronik]. Am. J. Phys. , 64-74. Diunduh tanggal 2 September 2013.

Heinick, R., Molenda, M., Russel, J. D., & Smaldino, S. E. (1996). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall.

Ivers, K., & Barron, A. (2002). Multimedia projects in education: Designing, producing, and assessing (2 ed.). Westport: Libraries Unlimited.

Kean, E., & Middlecamp, C. (1985). Panduan Belajar Kimia Dasar. (Terjemahan: A. H. Pudjaatmaka) Jakarta: Gramedia. (Buku asli diterbitkan tahun 1984).

Kemdikbud. (2014). Permendikbud No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Kemdikbud. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia versi online. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/index.php. Diakses tanggal 5 Januari 2015.

Mayer, R. E. (2005). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir. (2013). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. (Terjemahan: D. S. Prawiradilaga, R. Rahardjo, & Y. Miarso) Jakarta: IPTPI. (Buku asli diterbitkan tahun 1994).

Philips, R. (1997). The Developers handbooks to Interactive Multimedia: A Practical guide for educational applications. New York: Kogan Page, Ltd.

Prawiradilaga, D. S. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Thorndike, E. L. (1923). Education. New York: The Macmillan Company.

Thorndike, E. L. (1923). The Psychology of learning (Vols. 2). New York: Columbia University.

Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Isntrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Nazalin Nazalin, Ali Muhtadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics