Meta analyzing the ease of use of e-modules in learning
Radinal Fadli, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia
Sundahry Dahry, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis di sekolah dasar (a meta-analysis of problem-based learning models in increasing critical thinking skills in elementary schools). Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9–18. http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.789
Fadhillah, F., & Andromeda, A. (2020). Validitas dan praktikalitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi laboratorium virtual pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA/MA. JEP| Volume 4 Nomor 1 Mei 2020, 4(2), 179–188. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/516
Fitria, A. D. (2017). Pengembangan media gambar berbasis potensi lokal pada pembelajaran materi keanekaragaman hayati di kelas X SMAN 1 Pitu Riase Kab. Sidenreng Rappang. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/8473
Hakiki, M., Sabir, A., & Maryana, A. (2022). Efektivitas modul digital berbasis e-learning pada matakuliah pendidikan karakter di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 269–278. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.901
Hasibuan, S. H., Zulfarina, Z., & Putra, R. A. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Kvisoft Flipbook dengan Model Discoery Learing pada Materi Arthropoda. saintifika, 24(2), 109-121. https://doi.org/10.25037/saintifika.v24i2.135
Haspen, C. D. T., & Festiyed, F. (2019). Meta-analisis pengembangan e-modul berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2). https://doi.org/10.24036/jppf.v5i2.107442
Ilhami, S., Fitri, R., Rahmawati, D., Atifah, Y., & Fajrina, S. (2022). Meta-Analisis Praktikalitas media pembelajaran puzzle. Journal on Teacher Education, 4(2), 611–619. https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8482
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan e-Modul IPA Berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi sains siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91–103. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103
Laraphaty, N. F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021). Pengembangan media pembelajaran modul elektronik (e-Modul). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 4(1), 145–156. http://103.84.119.236/index.php/semnaspbio/article/view/676
Pitasari, S., Subhan, M., & Ratnawati, R. (2022). Pengembangan E-modul tematik kurikulum 2013 pada tema 2 subtema 1 kelas III Sekolah Dasar berbasis flipbook maker. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4155–4162. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5929
Rahayu, Y. W., & Erianjoni, E. (2021). Pengembangan e-modul pembelajaran sosiologi berbasis flipbook maker untuk peserta didik kelas XI IPS SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i1.142
Rahmadhani, S., & Efronia, Y. (2021). Penggunaan e-modul di sekolah menengah kejuruan pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Vokasi Informatika, 6–11. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.16
Rahmi, L. (2019). Perancangan e-module perakitan dan instalasi personal komputer sebagai media pembelajaran siswa SMK. Ta’dib, 21(2), 105–112. http://dx.doi.org/10.31958/jt.v21i2.1190
Rama, A., Putra, R. R., Huda, Y., & Lapisa, R. (2022). Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi flip pdf professional pada mata kuliah analisis kurikulum pendidikan dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(1), 42–47. http://dx.doi.org/10.29210/30031473000
Rambe, K., & Ristiono, R. (2022). Pengembangan Modul elektronik (e-modul) berbasis smartphone tentang materi sistem ekskresi pada manusia untuk peserta didik kelas XI SMA. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(2). http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i2.16492
Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital flipbook untuk mempermudah pembelajaran jarak jauh di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561
Sari, A. P., Mardiyah, A., Anggraini, V., & Muslim, A. P. (2023). Pengembangan e-modul pada materi barisan dan deret dengan menggunakan sigil software. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 9(1), 1–9.
Sidiq, R. (2020). Pengembangan e-modul interaktif berbasis android pada mata kuliah strategi belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01
Sofya, R., & Adzkia, S. F. (2023). Pengembangan e-modul dengan aplikasi canva dan flipbook pada pembelajaran ekonomi. Jurnal Ecogen, 6(1), 74–81. http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v6i1.14430
Surtini, S., Junedi, B., & Tabrani, M. B. (2023). Pengembangan modul elektronik kontekstual berbasis flipbooks terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas XI MA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 332–341. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6045
Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan E-modul pembelajaran perkembangan sosial aud berbasis karakter menggunakan software flipbook maker. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(2), 1–18. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.23519
Taali, T., Mukhaiyar, R., & Islami, S. (2023). Pengembangan e-modul interaktif instalasi penerangan listrik di pendidikan vokasi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 110–116. https://doi.org/10.24036/jpte.v4i1.271
Triyono, S. (2021). Dinamika penyusunan e-modul. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books/about/Dinamika_Penyusunan_E_Modul.html?id=1dMeEAAAQBAJ&redir_esc=y
Utama, N. (2022). Meta-Analisis praktikalitas penggunaan e-modul oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 9(1), 27–33. https://doi.org/10.29407/jbp.v9i1.17671
Wahyuni, Z. A., & Yerimadesi, Y. (2021). Praktikalitas e-modul kimia unsur berbasis guided discovery untuk siswa sekolah menengah atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 680–688. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32080
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Zaputra, R., Festiyed, F., Adha, Y., & Yerimadesi, Y. (2021). Meta-Analisis: validitas dan praktikalitas modul ipa berbasis saintifik. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 45–56. https://doi.org/10.31849/bl.v8i1.6039
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v10i4.62229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 YOGI IRDES PUTRA, RADINAL , FADLI, SUNDAHRY , DAHRY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics