Validity of interactive learning media in computer basics course
Simon Ruruk, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia
Perdy Karuru, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, R., Lufri, & Ramadhan, S. (2014). Pengembangan multimedia pada materi struktur dan fungsi organ manusia untuk siswa kelas xi sekolah menengah atas. Jurnal Kolaboratif, 2(1), 20–30. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/kolaboratif/article/view/4957
Aina, M. (2013). Efektivitas pemanfaatan multimedia interaktif pembelajaran IPA biologi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pria dan wanita SMP 9 Kota Jambi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1(1), 125–130. https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/semirata/article/view/597
Alami, Y. (2020). Media pembelajaran daring pada masa covid-19. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 49–56. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/71%0A
Ananta, A. R., & Waryanto, N. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual materi lingkaran kelas Viii SMP. Jurnal Pedagogi Matematika - S1, 7(4), 1–9. https://doi.org/10.21831/jpm.v7i4.11180
Anggraini, M. S. A., & Sartono, E. K. E. (2019). Kelayakan pengembangan multimedia interaktif ramah anak untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas iv SD. Kwangsan, 7(1), 57–77. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p57--77
Ardiansyah, A. A., & Nana. (2020). Peran Mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245
Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). Keefektifan multimedia interaktif berbasis blended learning. Kwangsan, 4(2), 111–118. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p111--118
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. PT. Rineka Cipta.
Aroni, H. (2019). Pengembangan Komik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan pesan gizi seimbang (PGS) pada siswa SMP di Kabupaten Malang. Ilmu Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), 5(1), 33–38. https://doi.org/10.31290/jiki.v5i1.929
Azwar. (2012). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar
Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. Springer US. https://dx.doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Cecep, C., Mutaqin, A., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan modul Quick Math berbasis Mobile learning sebagai penunjang pembelajaran matematika di SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika, 7(2), 148–159. https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1761
Chen, C. H., & Tsai, C. C. (2021). In-service teachers’ conceptions of Mobile technology-integrated instruction: Tendency towards student-centered learning. Computers and Education, 170(1), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104224
Daryanto, Dwicahyono, A., & Purwanto, D. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, PHB, bahan ajar) (Cet. 1). Yogyakarta Gava Media.
Dewi, C. C. (2018). Pengembangan modul pembelajaran pada kompetensi dasar menerapkan komunikasi bisnis Kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3), 159–164. https://doi.org/10.26740/jptn.v6n3.p%25p
Fadli, R., & Hakiki, M. (2020). Validitas media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 9–15. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.302
H., N., Gani, H. A., Pratama, M. P., & Wijaya, H. (2021). Development of an Android-based computer based test (CBT) in middle school. Journal of Education Technology, 5(2), 272–281. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.33527
Hasan, M. (2021). Media pembelajaran. Tahta Media Group.
Lestari, D., Musadad, A. A., & Wahyuni, S. (2019). Penggunaan Computer based test (CBT) sebagai sarana evaluasi dan pengaruhnya terhadap efektivitas penilaian pada mata pelajaran sejarah Di SMA Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2015/2016. Candi: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Sejarah, 19(1), 29–39. https://jurnal.uns.ac.id/candi/article/view/35584/23116
Monemi, R., Lufri, & Leilani, I. (2017). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Power Point disertai Games kuis course Maza pada materi sistem ekresi untuk peserta didik kelas Viii SMP. Journal Biosains, 1(2), 252–260. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/download/355/56
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran (pp. 1–8). https://staffnew.uny.ac.id/upload/131808329/pengabdian/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf
Muttaqin, H. P. S., Sariyasa, & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas vi SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.613
Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., Fadli, R., & Chaniago, K. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832
Nurdin. (2007). Pengantar komunikasi massa. PT. Raja Grafindo Persada.
Pratama, M. P., Al-gifari, M. K. G., Ervianti, Sofyan, & Pertiwi, A. (2022). Aplikasi notifikasi tagihan penggunaan air pelanggan PDAM Kota Makassar berbasis SMS gateway menggunakan metode FIFO (first in first out). PATJou: Patria Artha Technological Journal, 6(2), 168–173. https://docplayer.info/231177677-Aplikasi-notifikasi-tagihan-penggunaan-air-pelanggan-pdam-kota-makassar-berbasis-sms-gateway-menggunakan-metode-fifo-first-in-first-out.html
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan dasar di perbatasan pada era digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218
Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016). Game edukasi berbasis Android sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini. JIMP: Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 46–58. http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v1i1.7
Riduwan. (2012). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alfabeta.
Rijal, A. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis Web untuk meningkatkan kreativitas guru. Jurnal Ideas: Pendidikan, Sosial dan Budaya, 6(1), 81–96. https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/238#google_vignette
Rorita, M., Ulfa, S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Mobile learning pokok bahasan perkembangan teori atom mata pelajaran kimia Kelas X SMA Panjura Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran), 4(2), 70–75. http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p076
Salsabila, F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis Web Google Sites pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155
Shoffa, S., Holisin, I., F, J., Palandi, Cacik, S., Indriyani, D., Supriyanto, E. E., Basith, A., & Giap, Y. C. (2021). Perkembangan media pembelajaran di perguruan tinggi (M. I. A. Fathoni (ed.)). CV. AGRAPANA MEDIA.
Sunismi. (2015). Developing guided discovery learning materials using mathematics Mobile learning application as an alternative media for the students calculus ii. CAKRAWALA PENDIDIKAN, 34(3), 334–346. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340
Temitayo, M., Adebis, A., & Alice, O. (2013). Computer-based test (CBT) system for university academic enterprise examination. International Journal of Scientific & Technology Research, 2(8), 336–342. https://www.ijstr.org/
Zheng, Y., & Xie, Y. (2016). Metamodel for evaluating the performance of ICT in education. In Springer Link (Vol. 9757). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-41165-1_19
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v10i4.60376
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muh. Putra Pratama, Simon Ruruk, Perdy Karuru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics