Meningkatkan kemampuan pendidik dalam penggunaan teknologi melalui workshop adaptasi teknologi

Tyagita Ayuningtyas, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ani Nur Aeni, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Aah Ahmad Syahid, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan teknologi oleh pendidik dalam pembelajaran di SMPN 2 Ujungjaya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam penggunaan teknologi melalui workshop adaptasi teknologi. Metode penelitian yang digunakan yakni action research menggunakan pendekatan kualitatif serta model stringer untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam penggunaan teknologi melalui workshop adaptasi teknologi dengan jenis tindakan berupa beberapa tahapan yakni persiapan penelitian dan siklus. Pengumpulan data ini dilaksanakan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 15 pendidik di SMPN 2 Ujungjaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pendidik dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran masih kurang. Tindakan selanjutnya dalam meningkatkan kemampuan pendidik dalam penggunaan teknologi yakni workshop adaptasi teknologi yang mana di dalamnya membahas mengenai beberapa aplikasi yang digunakan yaitu email, Google Form, Google Classroom serta Quizizz. Dari hasil tindakan berupa workshop adaptasi teknologi tersebut yang dilaksanakan selama empat hari pendidik yakni guru berhasil memahami serta merealisasikan aplikasi–aplikasi tersebut dalam mengelola, memahami serta mengevaluasi penilaian hasil peserta didik saat pembelajaran. 


This research is motivated by educators' lack of use of technology in learning at SMPN 2 Ujungjaya. This research aims to improve educators' ability to use technology through technology adaptation workshops. The research method used is action research using a qualitative approach and a stringer model to improve the ability of educators to use technology through technology adaptation workshops with the type of action in the form of several stages, namely research preparation and cycles. This data collection was carried out through interviews, observation, and documentation. The research subjects consisted of 15 educators at SMPN 2 Ujungjaya. The results showed that the ability of educators to use technology in learning still needs to be improved. The next step in improving the ability of educators to use technology is a technology adaptation workshop that discusses some of the applications used, namely email, Google forms, Google Classroom and Quizizz. The results of the action in the form of a technology adaptation workshop carried out for four days allowed the teacher to understand and realize these applications in managing, understanding, and evaluating the assessment of student outcomes during learning.


Keywords


Kemampuan pendidik; Teknologi; pelatihan; educator ability, technology; workshop

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N. (2015). Menjadi Guru Sd Yang Memiliki Kompetensi Personal-Religius Melalui Program One Day One Juz (Odoj). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212–223. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1331

Aeni, A. N., Hanifah, N., & Sunaengsih, C. (2019). The impact of the internet technology on teacher competence and student morality. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012046

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Andani, M., Setiawan, F., Azizah, R. H., Kurniawan, D. S., & Rahman, P. (2022). Managemen Konflik (Upaya Penyelesaian Konflik dalam Organisasi Sekolah di SMP Muhammadiyah Al-Manar Boarding School). Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 13–17. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6326

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru (1st ed.). CV. Pena Persada.

Darwis, R. S. (2017). Membangun Desain dan Model Action Research dalam Studi dan Aksi Pemberdayaan Masyarakat. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(1), 142–153. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i1.869

Gabriel. (2022, April 8). E-Learning: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Kekurangan. Gramedia. https://www.gramedia.com/best-seller/e-learning/

Hasanah, U., Handoyo, A. H., Ruliana, P., & Irwansyah, I. (2018). Efektivitas E-Mail Sebagai Media Komunikasi Internal terhadap Kepuasan Komunikasi Karyawan. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(2), 153. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.233

Hendayana, Y. (2020, October 28). Tantangan Dunia Pendidikan di Masa Pandemi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/tantangan-dunia-pendidikan-di-masa-pandemi/

Kuncoro, A. (2021). Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli. 08 November 2021.

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134

Mulyati, S. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2495–2504.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Rahman, A., & Utama, L. S. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Pengendalian Covid-19 Di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 5(2), 48–71. https://doi.org/10.33701/jipsk.v5i2.1398

Rahmanto, M. A., & Bunyamin, B. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119–135.

Rambow, O., Shrestha, L., Chen, J., & Lauridsen, C. (n.d.). Summarizing Email Threads.

Suharwoto, G. (2020, April 2). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Times Indonesia. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/261667/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid19-tantangan-yang-mendewasakan

Sururiyah, S. (2020). Efektifitas pemanfaatan Google Form sebagai sistem pengumpulan dokumen penyaluran tunjangan profesi guru madrasah di kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap. QALAM: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 181–196.

Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600–4611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, 513–521.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i2.52260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tyagita Ayuningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics