Analisis kebutuhan pengembangan e-Book mitigasi bencana tanah longsor berbasis Android untuk disabilitas anak di Kabupaten Klaten
Ika Candra Sayekti, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Siti Azizah Susilawati, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Dias Aziz Pramudita, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian yakni mendeskripsikan hasil uji analisis kebutuhan pengembangan e-book mitigasi bencana tanah longsor berbasis android sebagai media pembelajaran ramah difabel sesuai dengan kebutuhannya. Jenis penelitian kualitatif dengan data diperoleh melalui penyebaran angket kepada siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis uji kebutuhan pengembangan e-book diketahui bahwa siswa dan guru SLB se-Kabupaten Klaten membutuhkan adanya pengembangan e-book mitigasi bencana tanah longsor berbasis android sebagai media pembelajaran interaktif dengan data diperoleh 100% responden siswa menjawab perlu dikembangkan dan 99,2% responden guru menjawab perlu dikembangkan. Pengembangan e-book yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan disabilitas anak sekolah dasar sesuai dengan aspek materi, penyajian, kebahasaan serta kegrafikan untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
The purpose of the research is to describe the results of the needs analysis of the development e-book of an android-based landslide mitigationThis type of research is RnD research with the ADDIE model on a needs test with one stage, namely the analysis of material aspects, presentation, language, and personality. Based on the study of the needs test for developing e-books, it is known that SLB students and teachers in Klaten Regency need the development e-book of an android-based landslide mitigation teacher respondents answered that it needs to be developed. Developing e-books tailored to the needs of elementary school children with disabilities by aspects of the material, presentation, language, and graphics to make it easier for teachers to deliver learning materials. Learning media in the form of e-books can attract students to be more active in studying landslide disaster mitigation. E-book learning media should be applicable in various special schools to attract students' interest in learning and make it easier for teachers to deliver the material.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72
Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(1), 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108
Audia, M. (2019). Pengembangan Media E-Book Dengan Bantuan Sigil Software.
Fatonah, A., Safriani; Eka, W., Wiwin, H., Rose, A., & Fajariah, A. (2018). Peningkatan Pengetahuan Bencana Menggunakan Buku Panduan Pembelajaran Kebencanaan di Kabupaten Klaten. Seminar Nasional Geografi dan Pembangunan Berkelanjutan, January, 41.
Guntur, M., Muchyidin, A., & Winarso, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 43. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1667
Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22
Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, & Cholifah, Nn. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671
Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jendela PLS, 6(1), 58–66. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205
Nugroho, A. S., & Daniamiseno, A. G. (2022). Pengembangan E-Book Mitigasi Bencana Gunung Api Berbasis Prinsip- Prinsip Desain Pesan Pembelajaran untuk Siswa SMP. x(x), 114–122.
Permitasari, M. A., Hartono, H., & Sugito, S. (2022). Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Pendidikan Kewirausahaan Pada Industri Rumahan untuk SMALB Tunagrahita Article History. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 50–60. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.44927
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Santoso, A. F., Nupus, H., Hasanah, I., Setyaningsih, T., Azis, W. N., Kinthen, N., & Wibowo, Y. A. (2018). Identifikasi Mitigasi Struktural Sekolah Muhammadiyah pada Kawasan Rawan Bencana Tanah Longsor di Kabupaten Karanganyar. Georaflflessia, 3(2), 34–44.
Suharjo, Prayitno, H. J., Musiyam, Santosos, B., Sunarhadi, M. A., Anwar, B. S., & Arozag, M. (2018). Good Practices : Model Pendidikan Kebencanaan di Kabupaten Klaten Pertemuan Ilmiah Tahunan- Riset Kebencanaan Ke-5. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan - Riset Kebencanaan Ke-5 Tahun 2018 Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI), Universitas Andalas - Padang, May, 1–7. https://www.researchgate.net/publication/324909184%0AGood
Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124–130. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089
Tabrani, M. B., Puspitorini, P., & Junedi, B. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android pada materi kualitas instrumen evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 163–172. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.42943
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sepfiana Dari Ningsih, Ika Candra Sayekti, Siti Azizah Susilawati, Dias Aziz Pramudita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics