PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK BELAJAR MEMBACA AL-QURAN METODE QIRA’ATI DI TPQ RAUDLOTUT THALIBIN
Herman Dwi Surjono, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan program multimedia pembelajaran interaktif untuk memudahkan dan menumbuhkan minat santri dalam belajar membaca Al-Quran metode qira’ati yang layak digunakan dalam proses pembelajaran ditinjau dari aspek isi, aspek pembelajaran, aspek tampilan dan aspek pemrograman. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mencakup sembilan langkah kegiatan, yaitu: mengum-pulkan informasi dan penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, revisi produk uji coba lapangan utama, uji coba lapangan operasional, revisi produk ujicoba lapangan operasional, dan produk akhir. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) produk yang dihasilkan adalah program multimedia pembelajaran interaktif belajar membaca Al-Quran metode qira’ati yang dikemas dalam bentuk CD; dan (2) progam multimedia pembelajaran interaktif belajar membaca Al-Quran metode qira’ati ini efektif digunakan untuk pembelajaran membaca Al-Quran. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis kartu prestasi sebelum dan sesudah menggunakan program multimedia.
Kata kunci: program multimedia, pembelajaran, Al-Quran
_____________________________________________________________________
DEVELOPING AN INTERACTIVE MULTIMEDIA PROGRAM FOR LEARNING TO READ QURAN THROUGH QIRA’ATI METHOD AT TPQ RAUDLOTUT THALIBIN
Abstract
This study aims to produce an interactive teaching multimedia program to facilitate and grow students’ interest in learning to read the Al-Qur’an using the qira’ati method which can be used properly in learning process viewed from content, teaching, display, and programming aspects. This study was a research and development which included nine steps, i.e.: collecting information and preliminary study, planning, initial product development, initial field testing, revision of initial field testing products, primary field testing, revision of primary field testing product, operational field testing, revision of operational field testing product, final product. The results of the study are as follows: (1) The developed product is an interactive teaching multimedia program for learning reading Quran through qira’ati method in a CD, (2) This interactive teaching multimedia program reading is effective for learning to read Al-Qur’an.
Keywords: multimedia program, learning, Al-Qur’an
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Habib Hambali, Herman Dwi Surjono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics