Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Pendidikan Kewirausahaan Pada Industri Rumahan untuk SMALB Tunagrahita
Hartono Hartono, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA Surabaya), Indonesia
Sugito Sugito, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA Surabaya), Indonesia
Abstract
Pengembangan produk 'modul multimedia interaktif' tentang pendidikan kewirausahaan yang diintegrasikan pada mata pelajaran keterampilan tata boga dengan materi membuat kue kering bertujuan untuk memberikan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai bahan ajar sesuai karakteristik peserta didik SMALB tunagrahita. Produk ini dirancang untuk membantu pembekalan peserta didik dalam hal, yaitu: wawasan kewirausahaan, menumbuhkan karakter mandiri, memberikan motivasi sehingga timbul rasa percaya diri ketika lulus dan berbaur di masyarakat karena memiliki pengetahuan dan keterampilan. Produk ini berbentuk perangkat lunak yang dapat dipasang pada handphone android dan komputer sehingga mudah diakses di mana pun dan kapan pun. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang hasilnya untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan didasarkan pada hasil validasi ahli materi dan ahli desain media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah Model 4-D dengan tahapan, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Jenis data yang diambil berupa data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan penilaian deskriptif (perhitungan persentase). Data diperoleh dengan instrumen skala penilaian. Hasil validasi ahli materi (92.74%) dan ahli desain media pembelajaran (84.17%). Hasil uji coba produk kelompok kecil (93.10%) dan kelompok besar (93.85%). Hasil persentase 80%-100% dikategorikan baik sekali sehingga bahan ajar dapat digunakan dalam proses belajar mengajar tanpa revisi.
Product development of interactive multimedia module of entrepreneurship education which is integrated in the subject of culinary skills 'making pastries' aims to provide learning media that can be used as teaching materials according to the characteristics of mentally retarded students at SMALB. This product is designed to help equip students in terms of: entrepreneurship insight, growing independent character, providing motivation so that they feel confident when they are graduate because having knowledge and skills. This product is in the form of software that can be installed on android phones and computers so that it is easily accessible anywhere and anytime. This research is a type of development research whose the results are to determine the feasibility of the developed product based on the results of validation of material expert and learning media design expert. The development model used is a 4-D model, namely: define, design, development, and disseminate. The type of data taken is in the form of qualitative data which is quantified using descriptive assessment (by the percentage calculation). Data retrieval is done with an assessment scale instrument. The validation results of the material expert (92.74%) and the learning media design expert (84.17%). Product trial results in small group (93.10%) and the big group (93.85%). The percentage results are 80%-100% is categorized as very good that it can be used in the teaching and learning process without revisions.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, I. N. W. (2017). Modul Pembelajaran Multi Media Interaktif. Program Studi Teknik Informatika STIKOM Indonesia.
Allen, J. (2015, March 2). Evidence-based Practices in the Design of Interactive Multimedia for Learners with Cognitive Learning Disabilities. 2944–2949. Association for the Advancement of Computing in Education (AACE). Retrieved from https://www.learntechlib.org/primary/p/150413/
Amiroh, A. (2019). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.
Atmaja, J. R. (2019). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus (2nd ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Cahyanto, D. D., Wiryokusumo, I., & Suhari, S. (2020). Pengembangan Media Mobile Interactive Berbasis Android Untuk Mata Pelajaran Sistem Komputer Materi Pokok Sistem Bilangan Untuk Siswa Kelas X Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Di SMK Wachid Hasyim 2 dan SMK Sejahtera Surabaya. Jurnal Education And Development, 8(1), 328–328. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1561
Darnawati, D., Irawaty, I., Salim, S., Jamiludin, J., & Batia, L. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 98–16. http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i1.8780
Degeng, I. N. S., & Degeng, P. D. D. (2018). Ilmu Pembelajaran Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian (2nd ed.). Yogyakarta: Yayasan Taman Pustaka Kristen Indonesia.
DPPKLK Kemdikbud. (2017). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan Pada Satuan Pendidikan Khusus. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Kemdikbud, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fajarwati, N., & Sujarwanto, S. (2015). Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus: Universitas Negeri Surabaya, 7(2), 6. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/11269
Hapsara, A. S. (2019). Membangun Karakter Mandiri pada Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Strategi Scrum di Negara Totochan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1
Justice, L. M., Ahn, W.-Y., & Logan, J. A. R. (2019). Identifying Children With Clinical Language Disorder: An Application of Machine-Learning Classification. Journal of Learning Disabilities, 52(5), 351–365. https://doi.org/10.1177/0022219419845070
Kara, D. N., & Çerkez, Y. (2018). The risk factors for the mentally disabled in the use of social media. Quality & Quantity, 52(2), 1211–1218. https://doi.org/10.1007/s11135-018-0684-y
Kusmaningsih, N. S., & Mahmudah, S. (2017). Studi Deskriptif Peluang Kerja Anak Tunagrahita Pasca SMALB. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(3), 1–12.
Lopez-Basterretxea, A., Mendez-Zorrilla, A., & Garcia-Zapirain, B. (2014). A Telemonitoring Tool based on Serious Games Addressing Money Management Skills for People with Intellectual Disability. International Journal of Environmental Research and Public Health, 11(3), 2361–2380. https://doi.org/10.3390/ijerph110302361
Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Miaz, Y., Helsa, Y., Zuardi, Yunisrul, Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The development of interactive multimedia-based instructional media for elementary school in learning social sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 032107. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107
Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320
PDSPK Kemdikbud. (2016). Statistik Persekolahan SLB 2015/ 2016 Pusat Data dan Statistik Pendidikan (1st ed.). Jakarta: Setjen, Kemdikbud.
Rafmana, H., & Chotimah, U. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA SRIJAYA Negara Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 5(1), 52–65.
Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
Rohani, R. (2019). Media Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri.
Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. ECODUCATION, 2(2), 169–182. Retrieved from http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/ecoducation
Saji, S. (2018). Transformasi Pengalaman Diri: Strategi Pembinaan Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah di Kabupaten Sidoarjo (1st ed.). Surabaya: CV. Pustaka MediaGuru.
Sani̇-Bozkurt, S., Vuran, S., & Akbulut, Y. (2017). Design and Use of Interactive Social Stories for Children with Autism Spectrum Disorder (ASD). Contemporary Educational Technology, 8(1), 1–25. Retrieved from https://dergipark.org.tr/en/pub/cet/issue/29517/316715
Sapitri, D., & Bentri, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Inovtech, 02(01), 1–8. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Sefriani, R., & Wijaya, I. (2018). Modul Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Director Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 60–71. https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.124
Wahyuni, T., Wahyuni, S., & Yushardi, Y. (2017). Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Berbasis E-learning Pada Pokok Bahasan Besaran Dan Satuan Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 404–410. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i4.6234
Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Tenik Electronika Dasar Di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 04(03), 845–849.
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.44927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Meliawati Adi Permitasari, Hartono Hartono, Sugito Sugito
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics