Gerakan Literasi Mahasiswa Prodi PGSD UNHASY Melalui Perpustakaan E-Learning

Emy Yunita Rahma Pratiwi, Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia
Ratih Asmarani, Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia
Muhammad Nuruddin, Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia
M. Bambang Edi Siswanto, Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang ada tidaknya perbedaan minat baca mahasiswa sebelum dan sesudah tersedianya bahan bacaan lewat perpustakaan elearning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, mengadakan percobaan untuk menguji hipotesis. Dalam penelitian eksperimen ini digunakan Randomized control group pretes post test design. Salah satu cara yang diharapkan dapat memfasilitasi tumbuhkembang gerakan literasi mahasiswa solusinya melalui perpustakaan e-learning. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan minat baca mahasiswa sebelum dan sesudah tersedianya bahan bacaan lewat perpustakaan elearning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap menumbuhkembangkan gerakan literasi mahasiswa PGSD Unhasy melalui E-learning. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,036 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Selain itu, juga dapat dilihat dari rata-rata hasil post-test yaitu dengan penggunaan metode eksperimen sebesar 79,03 dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 56, sedangkan dengan penggunaan metode konvensional sebesar 71,86 dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 44. Serta melalui perpustakaan e-learning ini dapat memfasilitasi tumbuhkembang gerakan literasi, Sehingga gerakan literasi yang digadang-gadang sebagai gerakan menumbuhkan minat baca menjadi tercapai.

Keywords


Kata kunci: Menumbuhkembangkan Minat Baca; Literasi; Perpustakaan, E-learning

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Dahar, R.W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

De Porter, Bobby. (2003). Quantum Teaching, alih bahasa oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Fahmi, Ismail, 2004. Inovasi Jaringan Perpustakaan Digital: Network of Networks (NeONs). Makalah Seminar dan Workshop Sehari Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang 4 Oktober 2004.

Gordon Dryden. (2004). Revolusi Cara Belajar. Bandung: Kaifa.

Hasibuan, Zainal A, 2005. Pengembangan Perpustakaan Digital: Studi Kasus Perpustakaan Universitas Indonesia. Makalah Pelatihan Pengelola Perpustakaan Perguruan Tinggi. Cisarua - Bogor, 17-18 Mei 2005.

Pendit, Putu Laxman (Ed.). 2007. Perpustakaan Digital: Sebuah Impian dan Kerja Bersama. Jakarta: Sagung Seto.

Sucahyo, Yudho Giri dan Ruldeviyani, Yova (Ed.). 2007. Infrastruktur Perpustakaan Digital. Jakarta:

Sagung Seto Susanti, E., & Sholeh, M. (2008). Rancang Bangun Aplikasi E-Learning. Jurnal Teknologi,

(1), 53–57.

Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-Learning dalam pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 172–181.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.43902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Emy Yunita Rahma Pratiwi, Ratih Asmarani, Muhammad Nuruddin, M. Bambang Edi Siswanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics