Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android pada materi kualitas instrumen evaluasi pembelajaran matematika

Mohamad Bayi Tabrani, Universitas Bina Bangsa, Indonesia
Puput Puspitorini, Universitas Bina Bangsa, Indonesia
Beni Junedi, Universitas Bina Bangsa, Indonesia

Abstract


Multimedia interaktif berbasis android merupakan salah satu sistem operasi yang mendukung program   pembelajaran, memiliki karakteristik dalam mendorong mahasiswa untuk dapat melakukan belajar secara mandiri tanpa harus dibimbing. Multimedia interaktif berbasis android perlu dikembangkan di setiap jenjang pendidikan merupakan inovasi dalam penyajian materi pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengembangakan multimedia interaktif berbasis android yang valid pada materi kualitas instrumen evaluasi. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (research & development) dengan model pengembangan 4D Thiagarajan terdiri dari pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil pengembangan multimedia interaktif berbasis android memperoleh respon positif dari ahli materi, media serta bahasa dengan kategori kevalidan tinggi dan sudah layak digunakan.

Development of Android-based interactive multimedia on the quality of mathematics learning evaluation instruments
Android
Android-based interactive multimedia is an operating system that supports learning programs, has characteristics in encouraging students to be able to study independently without having to be guided. Android-based interactive multimedia needs to be developed at every level of education as an innovation in the presentation of learning materials. This research aims to develop a valid Android-based interactive multimedia on the quality material of the evaluation instrument. The research method used is research and development with the Thiagarajan 4D development model consisting of definition, design, development, and dissemination. The results of the development of interactive multimedia based on Android received a positive response from the material, media, and language experts with categories suitable for use.

Keywords


Aplikasi android; kualitas instrumen evaluasi; multimedia interaktif; Android application; the quality of the evaluation instrument; interactive multimedia

Full Text:

PDF

References


Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Eka, I. P. (2013). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melaluui Pemanfaatan Multimedia Animasi. Jurnal TEKNOIF, 01(02), 1–6.

Fatmala, D., & Yelianti, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Android pada Materi Plantae untuk Siswa SMA Menggunakan Eclipse Galileo. Biodik, 2(1), 1–6.

Hafidz, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Pembelajaran Permutasi dan Kombinasi. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 11(2), 126–135.

Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Android untuk Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24–33.

Hamdunah. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme Dan Website Pada Materi Lingkaran dan Bola. Lemma, 2(1), 35–42.

Harjono, A., Gunawan, & Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9–14.

Isa, I. G. T., & Asriyanik. (2017). Game Edukasi Sejarah Gerakan Kemuhammadiyahan dengan Metode Picture and Picture Berbasis Android. Jurnal Buana Informatika, 8(3), 171–180.

J.P. Guilford, Fundamental Statistics in Psychology and Education. Third Edition. Mac Graw-Hill Series in Psychology. New York, Mc Graw-Hill Book Company, 1956, XI p. 565 p., 47/–. (1956). Bulletin De L'Institut De Recherches économiques Et Sociales, 22(7), 748-748. doi:10.1017/S0770451800050569

Junedi, B., & Sari, E. P. (2020). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA. Jurnal Prisma, 9(1), 87–97.

Komalasari, H., Budiman, A., Masunah, J., & Sunaryo, A. (2021). Desain Multimedia Pembelajaran Tari Rakyat Berbasis Android Sebagai Self Directed Learning Mahasiswa Dalam Perkuliahan. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 36(1), 96–105.

Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Sport massase Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan FIK - UM Development of Interactive Multimedia Sport massase for Physical Education and Health Students of FIK-UM. 2(1), 1–16.

Maharani, Y. S. (2015). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 31–40. https://doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8683

Novani, D. A., & Wibawa, S. C. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Terhadap Respon Siswa. Jurnal IT, 01(02), 54–58.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Pradana, I. B., Setyosari, P., & Sulthoni. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Android pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Cahaya. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 7(1), 26–32. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p026

Praja, E. S. (2014). Kualitas Alat Evaluasi Matematika dalam Kemampuan Kognitif dan Analisisnya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (SENDIKMAD 2014), Sendikmad, 191–198.

Prayitno, T. A. (2017). Pengembangan multimedia interaktif bermuatan materi mikrobiologi berbasis edmodo android. Bioilmi, 3(2), 86–93. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i2.1399

Purnama, R. B., Sesunan, F., & Ertikanto, C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning berbasis Android sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 05(04), 63–74.

Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47.

Putri, Y. D. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Berbantuan Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas XI BDP DI SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1041–1047.

Ramadhani, D., Lestari, I., & Fisika, P. P. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android di Program Studi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(1), 99–107.

Sair, A., Asnimar, Ermanovida, & Syarifuddin. (2019). Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif Ekopedagogik Untuk Menumbuhkan Green Behaviour Bagi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Nasional Indonesia III. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 5(1), 41–52.

Sari, T. T., & Cahyono, A. H. (2020). Pengembangan E-learning Berbasis Android “ FUN MATH ” Sebagai Alternatif Belajar Matematika di tengah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1283–1299.

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14.

Suandi, A., Dwi, P., & Pamungkas, A. (2019). Multimedia interaktif pembelajaran ips kelas 7 berbasis android pada mts al-wasliyah jakarta timur. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 04(02), 66–77.

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 88–95.

Trinawindu, I. B. T., Dewi, A. K., & Narulita, E. T. (2016). Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Multimedia. Prabangkara, 19(23), 35–42. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/230/245

Wahyuningtyas, N., & Rosita, F. A. D. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Android pada Materi Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya Dan Pengajarannya, 13(1), 34–41. https://doi.org/10.17977/um020v13i12019p34

Wardani, S., Mudzalipah, I., & Hidayat, E. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Mahasiswa pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 167–177.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.42943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mohamad Bayi Tabrani, Puput Puspitorini, Beni Junedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics