Metodologi Eduinnova: Pembelajaran kolaboratif yang diintegrasikan dangan teknologi untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa dalam pembelajaran daring

Muhammad Mahsus, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Eva Latipah, (Scopus: 57219533447) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini mengkaji inovasi pendidikan yang mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran kolaboratif dengan pembagian kelompok-kelompok kecil yang dikenal dengan metodologi Eduinnova. Tujuan penelitian ini untuk menambah wacana inovasi pendidikan yang diintegrasikan dengan teknologi untuk menjembatani permasalahan pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan inteaksi sosial siswa dengan teman dan lingkungan tanpa menghilangkan unsur pembelajaran kognitif ataupun pedagogis siswa. Analisis pembelajaran tersebut kemudian diintegrasikan dengan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti mengambil data dari buku dan literatur lainnya menggunakan teknik library research. Sumber data primer diambil dari buku Innovations in Educational Psychology: Perspectives on Learning, Teaching, and Human Development, karya Sternberg dan Preiss. Hasil penelitian adalah adanya kesamaan pembelajaran dengan metodologi Eduinnova dengan pembelajaran daring dalam hal penggunaan teknologi portabel sebagai media pembelajaran. Penerapan metodologi Eduinnova dalam pembelajaran daring adalah dengan memanfaatkan media zoom meeting ataupun google meet sebagai ganti dari tatap muka langsung dikelas menjadi tatap muka dalam media online. Hal ini dilakukan untuk memantau pembelajaran interaksi siswa.

Eduinnova methodology: Collaborative learning integrated with technology to improve student activity and interaction in online learning

Abstract

This study examines educational innovations that integrate technology in collaborative learning with the division of small groups known as the Eduinnova methodology. The purpose of this study is to add to the discourse of educational innovation integrated with technology to bridge collaborative learning problems to improve student social interaction with friends and the environment without eliminating the elements of student cognitive or pedagogical learning. The learning analysis is then integrated with online learning during the Covid-19 pandemic. This research is qualitative research. Researchers took data from books and other literature using library research techniques. Primary data sources were taken from the book Innovations in Educational Psychology: Perspectives on Learning, Teaching, and Human Development, by Sternberg and Preiss. The result of this research is the similarity of learning with the Eduinnova methodology with online learning in terms of using portable technology as a learning medium. The application of the Eduinnova methodology in online learning is to use zoom media meetings or google meet instead of face-to-face in class to face-to-face in online media. This is done to monitor student interaction learning.


Keywords


Metodologi Eduinnova; pembelajaran daring; pembelajaran kolaboratif; collaborative learning; Eduinnova methodology; online learning

Full Text:

PDF

References


Apriani, R., Probowati, D., Indreswari, H., & Simon, I. M. (2020). Social intelligence, love, self-regulation pada remaja yang adiksi game online jenis agresif dan non-agresif. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(1), 35–42. https://doi.org/10.17977/um027v5i12020p035

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan campuran (R. K. Pancasari (trans.); 4th ed.). Pustaka Pelajar.

Diana, P. Z., Sulistiyono, R., & Pradan, R. A. (2019). Implementasi model pembelajaran kolaboratif pada mata kuliah Bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 60–70. https://doi.org/10.26499/bahasa.v1i1.27

Hasanuddin, D., Emzir, E., & Akhadiah, S. (2019). Improving students’ scientific writing ability through blended learning-based collaborative learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 14(20), 34–43. https://www.learntechlib.org/p/217122

Jochems, W., Merriënboer, J. van, & Koper, R. (2004). Integrated e-learning: Implications for pedagogy, technology and organization. RoutledgeFalmer. https://api.taylorfrancis.com/content/books/mono/download?identifierName=doi&identifierValue=10.4324/9780203416365&type=googlepdf

Kurniasanti, K. S., Assandi, P., Ismail, R. I., Nasrun, M. W. S., & Wiguna, T. (2019). Internet addiction: A new addiction? Medical Journal of Indonesia, 28(1), 82–91. https://doi.org/10.13181/mji.v28i1.2752

Mahendra, I. W. E., Jayantika, I. G. A. N. T., & Mintarti, N. G. P. V. (2018). Pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik peserta didik. Journal of Songke Math, 1(1), 26–36. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jsm/article/view/369

Männikkö, N., Billieux, J., & Kääriäinen, M. (2015). Problematic digital gaming behavior and its relation to the psychological, social and physical health of Finnish adolescents and young adults. Journal of Behavioral Addictions, 4(4), 281–288. https://doi.org/10.1556/2006.4.2015.040

Marhamah, M., Mustafa, M., & Melvina, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbasis Lesson Study Learning Community (LSLC). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika (JIMPF), 2(3), 277–282. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/4426

Muttaqin, A., Yoesoef, A., & Abdullah, T. (2018). Pengaruh model pembelajaran kolaboratif dengan teknik three strep interview terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sigli tahun ajaran 2017/2018. JIM (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah), 3(2), 17–23. http://www.jim.unsyiah.ac.id/sejarah/article/view/7667

Nurkamilah, M. (2017). Upaya meningkatkan keingintahuan matematis siswa menggunakan guided discovery learning setting kolaboratif (Penelitian tindakan kelas kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta). Jurnal Theorems, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31949/th.v1i2.378

Preiss, D. D. (2010). Folk pedagogy and cultural markers in teaching: Three illustrations from Chile. In D. D. Preiss & R. J. Sternberg (Eds.), Innovations in educational psychology: Perspectives on teaching, learning, and human development (pp. 325–355). Springer Publishing Company.

Santosa, E. B., Degeng, I., Sulton, S., & Kuwandi, D. (2020). The effects of mobile computer supported collaborative learning to improve problem solving and achievements. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 325–342. https://doi.org/10.17478/jegys.656642

Siri, A. (2020). Implementasi model kolaboratif learning dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 5(2), 146–186. http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/108

Suplig, M. A. (2017). Pengaruh kecanduan game online siswa SMA Kelas X terhadap kecerdasan sosial sekolah Kristen swasta di Makassar. Jurnal Jaffray, 15(2), 177–200. https://doi.org/10.25278/jj71.v15i2.261

Susanti, S., Prasetyo, T., & Nasution, S. A. (2017). Model pembelajaran kolaboratif sebagai alternatif pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Didaktika Tauhidi : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.30997/dt.v4i1.822

Tüzün, H., Bilgiç, H. G., & Elçi, S. Y. (2019). The effects of 3D multi-user virtual environments on collaborative learning and social presence. International Electronic Journal of Elementary Education, 11(3), 221–231. https://iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/746

Ulfa, I. S. K., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2018). Profil berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi melalui model pembelajaran kolaboratif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 40–53. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.9972

Umamah, M., & Muassomah, M. (2020). Pembelajaran daring melalui teknik kolaboratif pada keterampilan menulis peserta didik di SMA Darul Qur’an Kota Mojokerto. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 3(2), 88–100. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v3i2.24362




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.38706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Mahsus, Eva Latipah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics