Pengaruh penggunaan aplikasi Plantnet dan gaya belajar terhadap hasil belajar

Anton Adhy Pujianto, Program Pascasarjana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
I Nyoman Sudana Degeng, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sugito Sugito, Program Pascasarjana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: 1.) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi PlantNet terhadap hasil belajar; 2.) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar; dan 3.) Untuk mengetahui interaksi antara peng-gunaan aplikasi PlantNet dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Penelitian dilak-sanakan pada tanggal 20 Januari 2020 sampai dengan 14 Maret 2020. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 kelas dengan jumlah sebanyak 1.088 siswa kelas VII ditiga sekolah yaitu SMP Negeri 2 Gedangan, SMP Negeri 3 Sidoarjo, dan SMP Negeri 4 Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan simple random sampling, pengambilan sampel secara acak sederhana melalui nomor undian. Dalam pengambilan sampel didapat 3 kelas eksperimen penggunaan aplikasi PlantNet dan 3 kelas kontrol tanpa aplikasi PlantNet menggunakan diskusi kelas. Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalur dengan nilai signifikansi sebesar α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Ada-nya  pengaruh penggunaan aplikasi PlantNet terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 7; 2.) Adanya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 7; dan 3.) Adanya interaksi antara penggunaan aplikasi PlantNet dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII.

 

Abstract

The objectives of this study are: 1.) To determine the effect of using the PlantNet application on learning outcomes; 2.) To determine the effect of learning styles on learning outcomes; and 3.) To determine the interaction between the use of the PlantNet application and learning styles on the learning outcomes of 7th grade science students. This research method uses experimental research. The study was conducted on January 20 until March 14, 2020. The population in this study was 32 classes with a total of 1,088 7th grade students in three schools, namely SMP Negeri 2 Gedangan, SMP Negeri 3 Sidoarjo, and SMP Negeri 4 Sidoarjo. The research sampling technique uses simple random sampling, simple random sampling through lottery numbers. In sampling obtained 3 experimental classes using the PlantNet application and 3 control classes without the PlantNet application using class discussion. Data analysis technique used two-way Anava with a significance value of α = 0.05. The results of this study indicate that: 1.) The influence of the use of the PlantNet application on the learning outcomes of the 7th grade science students; 2.) The influence of learning styles on the results of science learning for 7th grade students; and 3.) There is an interaction between the use of the PlantNet application and learning styles on the learning outcomes of 7th grade science students.

 


Keywords


Aplikasi PlantNet; gaya belajar; hasil belajar; PlantNet application; learning style; learning outcomes

Full Text:

PDF

References


De Poter, B. & Hernacki, M. (1999). Quantum learning. Bandung: Penerbit Kaifa.

Degeng, I. N. S., & Degeng, P. D. D. (2018). Ilmu pembelajaran klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Yogyakarta: Yayasan Taman Pustaka Kristen Indonesia.

Djumhur, I., & Surya, M. (1975). Bimbingan dan penyuluhan di sekolah. Bandung: CV Ilmu.

Fatirul, N. A., & Walujo, A. D. (2018). Metode penelitian dan pengembangan. Surabaya: Jakad Publishing.

Flemming, N. D., & Mills, C. (1992). Not another inventory, rather a catalyst for reflection. To Improve The Academy, 11(1), 137-155. doi:https://doi.org/10.1002/j.2334-4822.1992.tb00213.x

Gagne, R. M., & Briggs, L. J., (1979). Principles of instructional design. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Hamzah, D. U. (2010). Orientasi baru dalam psikologi siswa yang memiliki gaya belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, C. (1994). Dimensi-dimensi psikologi pendidikan. Surabaya: Al Ikhlas.

Iriani, D., & Leni, M. (2013). Identifikasi gaya belajar dan pengaruhnya terhadap hasi belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 2 Kerinci. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1), 109-114.

Mittermeier, R. A., Myers, N., Mittermeier, C. G., & Robles Gil, P. (1999). Hotspots: Earth's biologically richest and most endangered terrestrial ecoregions. CEMEX, SA, Agrupación Sierra Madre, SC.

Nasution, S. (2008). Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. Bumi Aksara: Bandung

Nurmayani, N., & Syuaib, M. Z. (2017). Pengaruh gaya belajar VAK pada penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPA fisika siswa SMP Negeri 2 Narmada tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 13-21. doi: https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.283

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republing Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standard Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Primartadi, A. (2012). Pengaruh metode Student Teams-Achievement Division (STAD) dan problem based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari potensi akademik siswa SMK otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 143-153. doi:https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1024

Rusman, R. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Setyawan, B., & Rufi’i, A. N. F. (2019). Augmented Reality dalam pembelajaran IPA bagi siswa SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 78–90. doi:https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya.

Supriyati, I. (2020). Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII MTS Negeri 4 PALU. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1).

Mulyani, S., & Wiwik, E. (2018). Dampak pemanfaatan aplikasi android dalam pembelajaran bangun ruang. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 122-136. doi: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p122--136

Tanta, K. J., & Langton, S. Y. (2010). NICU primer for occupational therapists: Exploring the needs of fragile infants, the context in which they are cared for, and the role of OT in this specialized practice area—part I of II. Journal of Occupational Therapy, Schools, & Early Intervention, 3(2), 179-186. doi:https://doi.org/10.1080/19411243.2010.491020

Ula, S. S. (2013). Revolusi belajar: Optimalisasi kecerdasan melalui pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Utomo, Y. W. (2011, December 2019). Baru 20 persen Flora yang Teridentifikasi. Retrieved from https://sains.kompas.com/read/2011/11/30/18112181/Baru.20.Persen.Flora.yang.Teridentifikasi.

Warsihna, J. (2013). E-learning melalui portal rumah belajar. Jurnal Teknodik, 73-84. doi: http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.9




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.31365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anton Adhy Pujianto, I Nyoman Sudana Degeng, Sugito Sugito

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics