Proses pembelajaran dalam komunitas Joglo Tani

Cita Nirmala Dara Yukti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sugeng Bayu Wahyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pelaksanaan pembelajaran, faktor pendorong dan penghambat, dan petani memaknai proses pembelajaran di Joglo Tani. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Keabsahan data menggunakan ketekunan, pengamatan dan triangulasi sumber. Analisis data melalui pencatatan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan berdasarkan skema teknologi pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi menerapkan prinsip pedagogi kritis. Faktor pendorong yaitu ketersediaan donatur, lingkungan yang asri dan terciptanya suasana belajar yang bersifat kekeluargaan. Faktor penghambat yaitu belum tersedia tersedia internet dan kepercayaan masyarkat masih mengedepankan sekolah formal. Joglo Tani mempertegas posisi fasilitator dan warga belajar sederajat dalam peoses saling belajar.


Abstract


This study aims to reveal the teaching implementation, the supporting and inhibiting factors, and the farmer's interpret the teaching process in Joglo Tani. This study is a descriptive qualitative approach. The data collection was done through interviews and observation. The data validation was through persistence field observation and source triangulation. The data analysis was through the stages of data recording, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This study produced the instructional technology scheme that started from the planning, implementation, and evaluation that applies the principles of critical pedagogy. The supporting factors are the availability of donors, the beautiful environment, and the creation of a family-like learning atmosphere, while the inhibiting factors are the unavailability of the internet service and public trust who prioritize formal school. Joglo Tani reinforces the position of the instructor and participants in an equal position in the process of mutual learning.


Keywords


Komunitas Joglo Tani; pedagogi; pembelajaran; Joglo Tani community; pedagogy; instructional

Full Text:

PDF

References


Artapati, L. W., & Budiningsih, C. A. (2017). Pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di SD Negeri Serayu Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 185-200. doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.13016

Bahruddin, A. (2007). Pendidikan alternatif Qaryah Thayyibah. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.

Freire, P. (1984). Pedagogi hati. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.

Miles, B.M., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UI Pers

Leach, T. (1982). Paulo Freire: dialogue, politics, and relevance. International Journal of Lifelong Education, 1(3), 185-201. doi:https://doi.org/10.1080/0260137820010302

Mastur, M. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 50-64. doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10131

Moleong, L. (2000). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja.

Nawawi, H. (2005). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: GMUP.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rusman, R. (2011). Model-model pembelajaran (Mengembangkan profesionalisme guru). Jakarta: Rajawali.

Sudjana, S. (2000). Pengembangan pembelajaran pendidikan luar sekolah. Bandung: Falah Production.

Supardan, D. V. (2013). Hubungan sikap dan minat belajar siswa dengan kreativitas siswa SMK kompetensi Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (Unpublished bachelor’s thesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat.

Susanto, A. (2008). Penerapan metode dialogis versi Paulo Freire (Studi kasus pada SLTP alternatif Qaryah Thayyibah desa Kalibening, Salatiga, Jawa Tengah) (Unpublished bachelor’s thesis). Universitas Negeri Malang, Jawa Timur.

Trianto, T. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.26342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Cita Nirmala Dara Yukti, Sugeng Bayu Wahyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics