PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

Maria Magdalena Emy Rahmawati,
C. Asri Budiningsih,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan metode mind mapping dengan siswa yang menggunakan metode ceramah dan presentasi, (2) perbedaan pemahaman konsep siswa yang memiliki gaya belajar berbeda (visual, auditori, dan kinestetik), (3) pengaruh antara metode pembelajaran mind mapping dengan gaya belajar terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Santa Maria Fatima pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan metode mind mapping dengan siswa yang menggunakan metode ceramah dan presentasi. (2) Tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. (3) Tidak terdapat pengaruh antara metode pembelajaran mind mapping dengan gaya belajar terhadap pemahaman konsep siswa.

Kata kunci: mind mapping, gaya belajar, pemahaman konsep siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Maria Magdalena Emy Rahmawati, C. Asri Budiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics