Pengembangan E-Book Mitigasi Bencana Gunung Api Berbasis Prinsip-Prinsip Desain Pesan Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

Arifin Septyanto Nugroho, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abdul Gafur Daniamiseno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan e-book tentang mitigasi bencana letusan gunung api berdasarkan prinsip desain pesan pembelajaran yang layak untuk siswa SMP N 3 Turi. (2) Mengetahui efektifitas produk media pembelajaran e-book tentang mitigasi bencana letusan gunung api berdasarkan prinsip desain pesan pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMP N 3 Turi. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Allesi & Trollip. Ujicoba produk terdiri dari uji alpha dan uji beta. Uji alpha dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi. Data dikumpulkan melalui angket dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar soal. Penelitian ini menghasilkan e-book mitigasi bencana gunung api yang didasarkan pada prinsip-prinsip desain pesan pembelajaran yang dinilai sangat baik oleh uji alpha dan uji beta, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar siswa. Hasil uji alpha ahli materi rerata 4,64, sedangkan oleh ahli media rerata 4,20. Penilaian penggunaan e-book oleh siswa diperoleh skor 4,23. Uji efektifitas menunjukan penggunaan e-book mitigasi bencana gunung api lebih efektif daripada pembelajaran mitigasi bencana gunung api biasa. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen adalah  0,71 sedangkan pada kelas kontrol adalah 0,54. Rerata N-Gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan berbeda secara signifikan. 

Keywords


prinsip desain pesan pembelajaran; e-book; mitigasi bencana gunung api

Full Text:

PDF

References


Arie Priambodo. (2009). Panduan Praktis Menghadapi Bencana. Yogyakarta: Kanisius.

Andina E. (2011). Buku digital dan pengaturannya. Aspirasi:119-146.

Arsyad A. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Alessi & Trollip. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Massachusetts: A Pearson Education.

Bambang Hargono, dkk. (2012). Sabo Merapi Antara Mitos dan Teknos. Yogyakarta: Serayu Opak

Budiningsih, C Asri. (2003). Desan Pesan Pembelajaran. FIP UNY

Budiningsih, C Asri. (2008). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006 standar kompetensi Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Sanawiyah: pedomam khusus mata pelajaran Sains Jakarta: Dharma Bhakti.

Depkominfo. (2008). Memahami Bencana: Informasi Tindakan Masyarakat Mengurangi Risiko Bencana. Jakarta: Depkominfo.

Dian Mahendra Bramantya Perdana. (2013). “Pengembangan Buku Digital Interaktif (BUDIN) Berbasis Adobe Creative Suite Pada Materi Genetika di SMK”. UNNES

Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2009). The systematic design of instruction. New Jersey: Pearson.

Dewantari. Karya Ilmiah “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-book pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP N 1 Singosari”. Pada Fakultas Ekonomi, UM. Diunduh http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/24570

Eko Putro Widoyoko,S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gorghiu. (2011). The electronic book - a modern instrument used in teachers’ training process. Procedia Computer Science.

Illa Restowati dan I Gusti Made Sanjaya. (Juni 2012). PengembanganE-book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas Xi SMA. Journal. Volume 1 Nomor 1.

Januszewski, Alan & Molenda Michael. (2008). Educational Technology a Definition with Commentary. New York & Lomdon: Longman Inc.

Pujirianto. (2005). Desain Grafis Komputer. Teori Grafis Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.

Mayer, E. Richard. (2001). Multimedia Learning. New York: Cambridge University Press.

Michael F. Suarez, S.J. and H. R. Woudhuysen. (2010). The oxford companion to the book.Oxford University Press.

Messing, J. (1995). Measuring student use of electronic books. 11th Annual Conference of the Australian Society for Komputers in: Melbourne.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dann Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Muir, laura & Hawes, Graeme. (2013). The case for e-book literacy: Undergraduate student’s experience with e-books for course work. The journal of academic librarianship 39 (2013) 260-274. New york: Elsevier.

Muzil Alzwar, dkk. (1988). Pengantar Dasar Ilmu Gunung Api. Bandung: NOVA.

Rudi Susilana & Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatna dan Penilaian. Bandung: Kurtekpend FIP UPI.

Riyanto, Lukman & Subagyo. (2012). Pengembangan digital library local content pekalongan dalam format buku 3 dimensi. Jurnal LIPI 1(1):1-13.

Ramdania DR, Sutarno H & Waslaluddin. (2007). Penggunaan media flash flip book dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan.

Shiratuddin, Norshuhada dkk. (2003). Ebook technology and its potential Application in distance education. Computer and Information Sciences Department, University of StrathclydeJournal.

Shideqy DA & Lestari. (2010). Pemanfaatan Buku Elektronik untuk Pembelajaran di Sekolah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Seels, Barbara B. & Rita C. R. (1994). Instructional Technology. Definition and Domain of the field (Alih Bahasa: Dewi S. Prawiladilaga). Washington DC: AECT.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV.Alfabeta

Sunarto, dkk. (2007). Panduan Penanggulangan Bencana Kabupaten Kutai Barat. Yogyakarta: PSBA UGM.

Sukirno, dkk. (2011). Pustakawan dalam Mitigasi Bencana. Yogyakarta: Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia.

Trijito. (1996). Gunung Merapi Antara Legenda, Mitos, dan Penanggulangan Bencana. Yogyakarta: Mitra Gama Widya

Wardani,dkk. (2012). Kajian tentang pengembangan interaktif e-book dari segi pedagogik,teknologi perangkat lunak serta media yang digunakan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wihdati Suryani dan Sukarnin. (2012). Pengembangan e-book interaktif pada materi pokok elektrokimia kelas XII SMA. Journal. Volume 1 Nomor 2.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.21690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arifin Septyanto Nugroho, Abdul Gafur Daniamiseno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics