Pengembangan virtual physics world sebagai media pembelajaran kesetimbangan benda tegar untuk meningkatkan keterampilan penerapan ilmu Fisika sehari-hari
Mochamad Bruri Triyono, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan aplikasi Virtual PhysicsWorld sebagai media pembelajaran materi kesetimbangan benda tegar yang dihasilkan, (2) mengetahui kelayakan aplikasi Virtual PhysicsWorld yang dihasilkan untuk meningkatkan keterampilan penerapan fisika sehari-hari, (3) mengetahui peningkatan keterampilan penerapan ilmu fisika sehari-hari setelah menggunakan Virtual Physics World yang dihasilkan. Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan Allesi dan Trollip yang meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Ujicoba produk terdiri dari uji alfa dan uji beta. Uji alpha dilakukan oleh ahli media dan ahli materi yang masing-masing terdiri dari dua orang. Sedangkan uji beta dilakukan terhadap 27 siswa kelas XI SMA N 1 Yogyakarta. Penelitian ini menghasilkan Virtual Physics World yang memiliki (1) Kelayakan produk berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,47 (sangat layak) dan hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 2,93 (layak). Sedangkan angket penilaian siswa terhadap produk mendapatkan skor rata-rata 3,82 (sangat layak), (2) Skor rata-rata keterampilan siswa mendapatkan nilai 82 untuk pre test dan 89 untuk post test. (3) terdapat peningkatan skor rata-rata post test terhadap pre test sebesar 7 poin. Sedangkan perhitungan N-Gain terhadap hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan skor siswa dengan rincian 33% siswa pada kategori rendah, 60% siswa pada kategori sedang, dan 7% siswa pada kategori tinggi.
Kata kunci: virtual physics world, pembelajaran fisika, keterampilan penerapan fisika
DEVELOPING VIRTUAL PHYSICS WORLD AS INSTRUCTIONAL MEDIA OF STATIC MATERIAL TO IMPROVE DAILY PHYSICS APPLICATION PERFORMANCE
Abstract
The research aims to: (1) reveal the feasibility of the Virtual Physics World as instructional media in statics material that is produced, (2) reveal the feasibility of the Virtual Physics World that is produced to improve daily physics application of students’ performance, and (3) reveal the improvement of daily physics application of students’ performance after Virtual Physics World utilization. The developmental procedure is classified into planning, designing, and developing. Alfa test was done by media expert and content expert which each of it consists of two experts. Whereas beta test was done by 27 students grade XI SMA N 1 Yogyakarta. The research has produced Virtual Physics World which has (1) The result of feasibility assesment by content expert had score 3.47 (very feasible) and the result of feasibility assesment by media expert had score 2.93 (feasible). Whereas, the result of questionnaire by student had average score 3.82 (very feasible). (2)The average score of students performance on pretest is 82 and post-test is 89. (3)There is increase on post test score from pre-test score with the value 7. While N-Gain score of test data points out the increase of students’ score with details 33% students in low category, 60% students in average category, dan 7% students in high category.
Keywords: Virtual Physics World, physics learning, physics application performanceKeywords
Full Text:
Fulltext PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15757
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Megawati Kumalasari, Mochamad Bruri Triyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics