Pengembangan multimedia pembelajaran mata pelajaran teori musik kelas X SMK Negeri 2 Kasihan Bantul
Sunaryo Soenarto, PPS UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran teori musik untuk kelas X SMK Negeri 2 Kasihan Bantul yang berisikan tentang bentuk, nilai nada, dan sukat; (2) mengetahui kelayakan produk multimedia yang dihasilkan, (3) mengungkapkan keefektifan produk multimedia yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model Alessi & Trollip, yang mencakup tahapan kegiatan sebagai berikut: perencanaan, desain, dan pengembangan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) produk yang dihasikan adalah multimedia interaktif yang terdiri dari kompetensi, materi, rangkuman, dan evaluasi. (2) Berdasar validasi ahli materi, ahli media dan uji beta, produk multimedia pembelajaran teori musik yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran. Kelayakan dapat diperoleh berdasarkan hasil penilaian ahli materi dengan nilai 4,03 (Baik), ahli media dengan nilai 4,32 (Sangat Baik) dan uji beta dengan nilai 4,25 (Sangat Baik). (3) Berdasarkan hasil analisis skor rata-rata n-gain dari pretest dan posttest sebesar 0,68 dengan kriteria sedang, maka disimpulkan produk multimedia pembelajaran teori musik kelas X ini efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi bentuk, nilai nada, dan sukat.
Kata kunci: multimedia pembelajaran teori musik
DEVELOPING TEACHING MULTIMEDIA OF MUSIC THEORY SUBJECT FOR CLASS X OF SMK NEGERI 2 KASIHAN BANTUL.
Abstract
This research aimed: (1) to develop music theory teaching multimedia for class X of SMK Negeri 2 Kasihan Bantul, containing the form, value and time signature; (2) to reveal the feasibility of the developed teaching multimedia; (3) to reveal the effectiveness of the developed teaching multimedia. This research was research and development adapted from Alessi & Trollip models that covered three-phase activities: planning, design, and development. The result was as follows. (1) the product resulted was interactive multimedia that consist of competencies, materials, summary and evaluation. (2) The developed music theory teaching multimedia was advisable to use for teaching according to subject matter experts, media experts, and Beta test. The advisability could be obtained based on the subject matter experts’ appraisal score of 4.03 (good), media experts’ score of 4.32 (very good) and Beta test score of 4.25 (very good score). (3) Based on the analysis result of the N-Gain mean score from the pretest and posttest 0,68 which fell, in the average criteria, It was concluded that the developed music theory teaching multimedia off class X is effective to elevate students’ comprehension on the material of form note value, and time signature.
Keywords: music theory teaching multimedia
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15292
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Erni Purwaning Hastuti, Sunaryo Soenarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics