PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

Heru Amrul Mu'arif, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Indonesia
Herman Dwi Surjono, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-learning berbasis pendekatan ilmiah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta dengan spesifikasi model dan isi yang ditetapkan, (2) mengetahui kelayakan produk e-learning, (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan e-learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dan diadaptasi dari model Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Hasil Penelitian menunjukan sebagai berikut:  (1) produk e-learning berbasis pendekatan ilmiah berhasil dikembangkan dengan sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) online yang dibuat dengan software aplikasi moodle. E-learning berbasis pendekatan ilmiah dikembangkan untuk pokok bahasan sistem tata surya dan kehidupan di bumi; (2) produk e-learning berbasis pendekatan ilmiah pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam telah memenuhi kriteria dan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan siswa, kelayakannya mencapai rerata skor 4,15 dengan kategori baik; (3) keefektifan pembelajaran IPA lebih baik setelah menggunakan e-learning dibuktikan melalui peningkatan hasil belajar. Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta mengalami peningkatan setelah menggunakan e-learning.

Kata kunci: e-learning, pendekatan ilmiah, ilmu pengetahuan alam.

 

DEVELOPING OF E-LEARNING BASED ON SCIENTIFIC APPROACH ON NATURAL SCIENCES LESSON AT SMPN 5 YOGYAKARTA

Abstract

This study aims to: (1) develop e-learning based on scientific approaches on natural science subjects for students grade VIII of SMPN 5 Yogyakarta with model specifications and specified contents, (2) determine the feasibility of e-learningproduct (3) determine student learning achievement after using e-learning. This research was a research and development (R&D) adapted from models of Alessi &Trollip. The development procedure included the planning, design, and development. This study shows the following results. (1) E-learning-based on scientificapproaches was developed with a learning management system (LMS) online software applications created with Moodle. E-learning is developed based on a scientific approach for the subject of the solar system and life on Earth; (2) e-learning based on scientific approaches for natural science subjects is appropriate as a medium of learning based on the judgement from media expert, materials experts, and students, with the feasibility with mean score of 4.15 with both categories; (3) the learning achievement of class VIII student of SMPN 5 Yogyakarta increases after using e-learning.

Keywords: e-learning, scientific approach, natural sciences


Full Text:

PDF

References


Alessi, M.S. & Trollip, R.S. (2001). Multimedia for learning, methods and development. United States: Pearson Education Inc.

Attwell, G. (2006). Evaluating e-learning; A guide to the evaluation of e-learning (3thed). Bremen: Druck Perspektiven Offset.

Brinkley, M. (2010). Defining 21st century skills. Diambil pada tanggal 20 Maret 2014, dari http://atc21s.org/wp-content/uploads/2011/11/1-Defining-21st-Century-Skills.pdf, 1-2(20), 52.

Clarey, J. (2009). E-learning 101: An intriduction to e-learning, learning tools, and technologies. Brandon Hall Research.

Kearn, S.K. (2010). E-learning in avation. England: Ashghate Publising Limited.

Miarso, Y. (2005). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Prenata Media.

Prakoso, K. S. (2005). Membangun e-learning dengan moodle. Yogyakarta: Andi.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah

Sagan, C. (1980). The Scientific Approach. Diambil pada tanggal 30 Oktober 2013, http://www.sagepub.com/upm-/32355_chapter2.pdf

Smaldino, dkk. (2005). Instructional technology and media for learning (8thed). New Jersey: Merrill prentice Hall.

Sukardjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Surjono, H. D. (2013). Membangun course e-learning berbasis moodle-2rd.Ed. Yogyakarta: UNY Press.

Yuliastuti, N., Pujayanto, & Ekawati, E. Y. (2014). Pengembangan media pembelajaran ipa terpadu berbasis e-learning dengan moodle untuk siswa sekolah menengah pertama pada tema pengelolaan sampah. Jurnal Pendidikan Fisika., 2(1), 15-20 Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/3730/2613.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.11143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Heru Amrul Mu'arif, Herman Dwi Surjono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics