PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP SE- KECAMATAN KRETEK, BANTUL

Taat Wulandari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Agustina Tri Wijayanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di SMP se-kecamatan Kretek, Bantul. Populasi penelitian adalah siswa SMP di kecamatan Kretek, Bantul. Metode penelitian menggunakan survey dengan pendekatan deskritif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok, dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peserta didik di SMP Se-kecamatan Kretek memiliki persepsi yang cukup tentang pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai kategori sangat baik sebesar 7,51%, baik sebesar 30,52%, cukup sebesar 44,13%, kurang baik sebesar 15,96%, dan sangat kurang baik sebesar 1,88%. Persepsi cukup tersebut menunjukan bahwa peserta didik cukup mampu melaksanakan bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan.


Keywords


Persepsi, pendekatan saintifik, pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. PT. Remaja Rosdakarya.

Bimo Walgito. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset.

Masri Singarimbun. 1989. Metode Penelitian Survey. LP3ES Muhammad Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Ridwan Abdullah Sani. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Slameto. 2011. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta.

Sudrajat, 2014. PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR, Jipsindo, 1(1), 1-19. DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Supardi. 2011. Dasar-dasar Ilmu Sosial. Penerbit Ombak. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Kencana. Wibowo. 2013. Perilaku dalam Organisasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Zamroni. 2011. Dinamika Peningkatan Mutu. Surya Sarana Grafika.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.