PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER

Endang Rukiati, SMP Muhammadiyah 1 Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis diskripsi. Hasil penelitian sebagai berikut bahwa 1) model pembelajaran numbered heads together menggunakan LKS siswa termotivasi dan aktif dalam mengikuti belajar mengajar, serta pembelajaran menyenangkan dan bermakna. 2) model pembelajaran numbered heads together dapat menumbuhkan motivasi yang tinggi yang berdampak meningkatkan hasil prestasi di atas KKM dengan rata-rata 80.

 


Keywords


motivasi belajar, numbered heads together

Full Text:

PDF

References


Agus Wasisto & Dwi Doso Warso. ( 2013) Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Penerbit Graha Cendekia

Dimyati.2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud. Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Irwanto. (1997). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Muhibbin, Syah. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif-Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sudrajat, S. (2015). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(1), 1-19. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874

Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. (2015). MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI PAUD AMONG SIWI, PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 44-65. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524

Sumadi, Suryabrata. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada .

Winkel, WS (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.