MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Discovery pada siswa Kelas VIII F SMP N 2 Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 2 Ngemplak yang berjumlah 31 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut bahwa model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIIIF SMP N 2 Ngemplak Sleman. Hal ini dibuktikan dari analisis hasil belajar siswa yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan. Pada prasiklus hasil rata-rata persentase ketuntasan belajar sebesar 35%. Siklus I persentase ketuntasan belajar pada pre-tes 26% menjadi 68% pada post-tes dengan kategori kurang, jadi mengalami peningkatan 42%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar dari 32% pada pretes menjadi 90% pada postes dengan kategori baik sekali, jadi mengalami peningkatan sebesar 58%. Hasil tersebut sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan yang diharapkan bahkan melebihi target sebesar 75%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
Usman & Purnomo S.A. (2006). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumu Aksara.
Nana Syaodih, S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosda karya.
Nana Sudjana. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Oemar Hamalik. (2009).Pendekatan Baru, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Alfabeta.
Sudrajat Sudrajat. 2014. PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR, JIPSINDO, 1(1), 1-19. DOI:https://10.21831/jipsindo.v1i1.2874
DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i2.7780
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo
Email: jipsindo@uny.ac.id