Implementation of project-based learning social studies in independent curriculum to reduce students' social loafing
Kokom Komalasari, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Neiny Ratmaningsih, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Abstract
Keywords
References
Abdurahman, A., Sri Afira Ruhyadi, S. G., & Binasdevi, M. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Tinggi MI/SD. Al-Ibanah, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.54801/ibanah.v7i2.107
Erianjoni, & Hardi, E. (2020). Efektivitas Penerapan Pembelajaran IPS Berbasis Projek (Project Based Learning) di Kalangan Guru IPS SMP Negeri di Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Kronologi, 2(2), 111–123. https://doi.org/10.24036/jk.v2i2.44
Fitriana, H., & Saloom, G. (2018). Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental Prediktor Social Loafing dalam Konteks Pengerjaan Tugas Kelompok pada Mahasiswa. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.20473/jpkm.v3i12018.13-22
Hadi, S. (2021). Konstruksi Belajar Multi Arah pada Implementasi Model Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (Learning Analysis of How to Learn based on Self Awareness). ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 257–277. https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i2.4882
Inayah, N., Maftuh, B., Sumantri, Y. K., Indonesia, U. P., & Annisaupiedu, E. (2023). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis articulate storyline terhadap minat belajar IPS. JIPSINDO ( Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Indonesia ), 10(02), 173–187. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59735
Jati, S. N., & Diana. (2019). Hubungan Perilaku Social Loafing dan Need for Cognition dalam Kegiatan Kerja Kelompok pada Mahasiswa PGPAUD (Studi Identifikasi Model Pembelajaran). Eksistensi, 1(2), 67–77. https://doi.org/10.29406/eksis.v1i2.1687
Mashito, D., Aziz, R., & Wahyuni, E. N. (2023). Developing the student’s social care character at Islamic by. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115–128. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498
Maslahah, W., Lailatul Rofiah, & Durorul Makrifah. (2022). Pembelajaran IPS Dalam Manifestasi Keterampilan Abad 21 di MTs Nurul Huda Bantur Malang. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 169–182. https://doi.org/10.19105/ejpis.v4i2.6940
Muharromah, S. I., Tarbiyah, F., Fatmawati, N., & Tarbiyah, F. (2021). Peningkatan Pembelajaran IPS di MTs / SMP Berbasis Kurikulum 13 dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berkarakter Pendahuluan Di Indonesia , sumber daya dan sumber dan masih memiliki keterbatasan kualitas aktif . IPS juga menjadi salah satu. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 197–211. https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i2.5224
Mulyana, E., Dahlena, A., Tetep, Rohman, S. N., Widyanti, T., Suherman, A., Dianah, L., Uno, I. C., & Rostiani, A. (2023). Efektifitas media pembelajaran Powtoon untuk meningkatkan hasil belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Indonesia), 10(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/jipsindo. v10i1.52706 Efektifitas
Nababan, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Outdoor Activity Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 13–18. https://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/332
Nantana, M. G. R., & Wiradimadja, A. (2023). Inovasi belajar abad 21 melalui pengembangan media podcast pembelajaran IPS berbasis instagram. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(01), 69–87. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.57702
Nurfaisah, A., & Anis, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 283–292. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.14911
Panjaitan, S. S. U., Akmal, M. El, & Mirza, R. (2019). Social Loafing Ditinjau Dari Kohesivitas Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia Di Sumatera. Jurnal Diversita, 5(2), 76–85. https://doi.org/10.31289/diversita.v5i2.2319
Pratama, K. D., and Aulia, F. (2020). Faktor-faktor yang Berperan dalam Pemalasan Sosial (Social loafing): Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1460–1468. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.611
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., and Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 177–182. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357
Rajaguru, R., Narendran, R., and Rajesh, G. (2020). Social loafing in group-based learning: student-created and instructor-created group perspectives. Education and Training, 62(4), 483–501. https://doi.org/10.1108/ET-01-2019-0018
Rondli, W. S. (2022). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Project Market Day. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1), 111–117. https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8227
Sudrajat, A., and Budiarti, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Project Based Learning Kelas Iv Sdit Al Kawaakib Jakarta Barat. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 105–109. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5441
Sudrajat, S., Tri Wijayanti, A., & Kumar Jha, G. (2024). Inculcating Honesty Values in Boarding School: Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 317-327. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4501
Sumantri, M. A., and Pratiwi, I. (2020). Locus of control: Upaya untuk menurunkan social loafing. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 8–18. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.7846s
Sumiyati, S., Nurjannah, N., and Khotimah, H. (2017). Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray Dengan Metode Ceramah. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i1.6
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., and Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868
Zainab, S., & Kamaroellah, A. (2019). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Smpi Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1(1), 43–47. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i1.2960
DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v11i2.70758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo
Email: jipsindo@uny.ac.id