Implementation of project-based learning social studies in independent curriculum to reduce students' social loafing
Kokom Komalasari, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Neiny Ratmaningsih, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, A., Sri Afira Ruhyadi, S. G., & Binasdevi, M. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Tinggi MI/SD. Al-Ibanah, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.54801/ibanah.v7i2.107
Erianjoni, & Hardi, E. (2020). Efektivitas Penerapan Pembelajaran IPS Berbasis Projek (Project Based Learning) di Kalangan Guru IPS SMP Negeri di Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Kronologi, 2(2), 111–123. https://doi.org/10.24036/jk.v2i2.44
Fitriana, H., & Saloom, G. (2018). Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental Prediktor Social Loafing dalam Konteks Pengerjaan Tugas Kelompok pada Mahasiswa. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.20473/jpkm.v3i12018.13-22
Hadi, S. (2021). Konstruksi Belajar Multi Arah pada Implementasi Model Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (Learning Analysis of How to Learn based on Self Awareness). ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 257–277. https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i2.4882
Inayah, N., Maftuh, B., Sumantri, Y. K., Indonesia, U. P., & Annisaupiedu, E. (2023). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis articulate storyline terhadap minat belajar IPS. JIPSINDO ( Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Indonesia ), 10(02), 173–187. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59735
Jati, S. N., & Diana. (2019). Hubungan Perilaku Social Loafing dan Need for Cognition dalam Kegiatan Kerja Kelompok pada Mahasiswa PGPAUD (Studi Identifikasi Model Pembelajaran). Eksistensi, 1(2), 67–77. https://doi.org/10.29406/eksis.v1i2.1687
Mashito, D., Aziz, R., & Wahyuni, E. N. (2023). Developing the student’s social care character at Islamic by. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 115–128. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59498
Maslahah, W., Lailatul Rofiah, & Durorul Makrifah. (2022). Pembelajaran IPS Dalam Manifestasi Keterampilan Abad 21 di MTs Nurul Huda Bantur Malang. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 169–182. https://doi.org/10.19105/ejpis.v4i2.6940
Muharromah, S. I., Tarbiyah, F., Fatmawati, N., & Tarbiyah, F. (2021). Peningkatan Pembelajaran IPS di MTs / SMP Berbasis Kurikulum 13 dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berkarakter Pendahuluan Di Indonesia , sumber daya dan sumber dan masih memiliki keterbatasan kualitas aktif . IPS juga menjadi salah satu. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 197–211. https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i2.5224
Mulyana, E., Dahlena, A., Tetep, Rohman, S. N., Widyanti, T., Suherman, A., Dianah, L., Uno, I. C., & Rostiani, A. (2023). Efektifitas media pembelajaran Powtoon untuk meningkatkan hasil belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Indonesia), 10(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/jipsindo. v10i1.52706 Efektifitas
Nababan, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Outdoor Activity Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 13–18. https://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/332
Nantana, M. G. R., & Wiradimadja, A. (2023). Inovasi belajar abad 21 melalui pengembangan media podcast pembelajaran IPS berbasis instagram. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(01), 69–87. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.57702
Nurfaisah, A., & Anis, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 283–292. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.14911
Panjaitan, S. S. U., Akmal, M. El, & Mirza, R. (2019). Social Loafing Ditinjau Dari Kohesivitas Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia Di Sumatera. Jurnal Diversita, 5(2), 76–85. https://doi.org/10.31289/diversita.v5i2.2319
Pratama, K. D., & Aulia, F. (2020). Faktor-faktor yang Berperan dalam Pemalasan Sosial (Social loafing): Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1460–1468. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.611
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 177–182. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357
Rajaguru, R., Narendran, R., & Rajesh, G. (2020). Social loafing in group-based learning: student-created and instructor-created group perspectives. Education and Training, 62(4), 483–501. https://doi.org/10.1108/ET-01-2019-0018
Rondli, W. S. (2022). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Project Market Day. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1), 111–117. https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8227
Stouten, J., & Liden, R. C. (2019). Social loafing in organizational work groups: The mitigating effect of servant leadership. In Individual Motivation within Groups: Social Loafing and Motivation Gains in Work, Academic, and Sports Teams (Issue 1913). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-849867-5.00002-1
Sudrajat, A., & Budiarti, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Project Based Learning Kelas Iv Sdit Al Kawaakib Jakarta Barat. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 105–109. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5441
Sumantri, M. A., & Pratiwi, I. (2020). Locus of control: Upaya untuk menurunkan social loafing. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 8–18. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.7846
Sumiyati, S., Nurjannah, N., & Khotimah, H. (2017). Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray Dengan Metode Ceramah. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i1.6
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868
Zainab, S., & Kamaroellah, A. (2019). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Smpi Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1(1), 43–47. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i1.2960
DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v11i2.70758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo
Email: jipsindo@uny.ac.id