Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743Keywords:
Sekolah siaga kependudukan, kependudukan, generasi berencanaAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Penelitian menggunakan metode penelitian naturalistik di Sekolah Menengah Atas yang telah melaksanakan program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di Kabupaten Pemalang. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah wakil kepala sekolah, ketua pelaksana program SSK, guru mata pelajaran, dan 249 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, dokumentasi; dan 4) angket. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari 1) pengumpulan data; 2) reduksi data; 3) penyajian data; dan 4) penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Pemalang dianggap sebagai salah satu sekolah yang representatif untuk melaksanakan program tersebut. Sarana prasarana berupa pojok kependudukan sebagai salah satu identitas sekolah siaga kependuduka (SSK); 2) Latar belakang SSK SMA Negeri 3 Pemalang adanya kesadaran dari sekolah untuk membekali peserta didiknya tentang kependudukan karena sekolah berada di tengah padatnya penduduk. SSK juga sejalan dengan visi yang dimiliki sekolah. Sekolah telah menyediakan sarana prasarana yang baik berupa pojok kependudukan yang menjadi identitas dan pusat kegaitan SSK. SSK diintegrasikan dalam beberapa mata pelajaran yang sudah ada melalui RPP. Selain itu SSK juga diintegrasikan dalam kegaiatan ekstrakurikuler dan kegiatan lain. Kendala yang dihadapi SMA Negeri 3 Pemalang yaitu gedung sekolah yang berada di tengah bangunan-bangunan lain sehingga sangat sulit untuk leluasa mengembangkan ruang untuk peserta didik, tidak adanya dana atau anggaran khusus dalam menjalankan program sekolah siaga kependudukan, serta belum adanya pedoman dan penilaian untuk mengukur pengetahuan peserta didik.
The implementation of the population alert school program in Pemalang, Central Java
The research aims to determine the implementation of population alert schools in Pemalang Regency, Central Java. The research uses naturalistic research methods in high schools that have implemented the Population Alert School (SSK) program in Pemalang Regency. The research subjects consisted of the principal, deputy principal, chief executive of the SSK program, subject teachers, and 249 students. Data collection techniques use interviews, observation, and documentation; and 4) questionnaires. Data analysis uses Miles & Huberman's interactive data analysis technique which consists of 1) data collection; 2) data reduction; 3) data presentation; and 4) drawing conclusions. Data validity using triangulation techniques. The research results are as follows: 1) SMA Negeri 1 and SMA Negeri 3 Pemalang are considered as one of the representative schools to implement the program. Infrastructure in the form of a population corner as one of the identities of a population alert school (SSK); 2) The background of SSK SMA Negeri 3 Pemalang is that there is awareness from the school to equip its students about population because the school is in the middle of a dense population. SSK is also in line with the school's vision. The school has provided good infrastructure in the form of a population corner which is the identity and center of SSK activities. SSK is integrated into several existing subjects through lesson plans. SSK is also integrated into extracurricular activities and other activities. The obstacles faced by SMA Negeri 3 Pemalang are that the school building is located in the middle of other buildings so it is very difficult to freely develop space for students, there is no special funding or budget for running the population alert school program, and there are no guidelines and assessments to measure students' knowledge.
References
Abdiyah, A; Hartanti, F., I. & Sulistyorini, Y. (2019). Implementation analysis of sekolah siaga kependudukan (SSK) in East Java 2019. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 9(2): 137–145. DOI: 10.20473/jbk.v9i2.2020.137–145.
Alvianita, E. (2018). Mewujudkan masyarakat berawawasan kependudukan. Diakses 10/03/2022 Pukul 09.56 https://jabar.bkkbn.go.id/?p=1317
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2017). Pedoman pengelolaan pendidikan kependudukan melalui sekolah siaga kependudukan (SSK) di SMP, SMA dan sederajat. Direktorat Kerjasama Pendidikan Kependudukan
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2019). Petunjuk pelaksanaan pendidikan kependudukan jalur formal, non formal, dan informal. Direktorat Kerjasama Pendidikan Kependudukan BKKBN.
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2020). Rencana strategis BKKBN. Jakarta: BKKBN.
Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik pendidikan. Jakarta. Badan Pusat Statistik Republik Indonesia
Catursaptani, R. & Raharja, M. B. (2019). Dampak Sekolah Siaga Kependudukan terhadap wawasan kependuduk siswa SMA di Provinsi Sumatera Utara dan Jawa Timur. Jakarta: Puslitbang Kependudukan BKKBN
Chau, K., Traoré Seck, A., Chandra-Mouli, V., & Svanemyr, J. (2016). Scaling up sexuality education in Senegal: integrating family life education into the national curriculum, Sex Education, 16(5), 503-519. DOI:https://doi.org/10.1080/14681811.2015.1123148
Faqiha, N. Z. (2018). Mewujudkan masyarakat berwawasan kependudukan melalui pendidikan kependudukan. Diakses 10/03/2022 pukul 13.00 https://kulonprogokab.go.id/v31/detil/4935/mewujudkan-masyarakat-berwawasan-kependudukan-melalui-pendidikan-kependudukan
Hidayat, R. (2016). Pedang bermata dua bernama bonus demografi https://tirto.id/pedang-bermata-dua-bernama-bonus-demografi-btVG diakses Pukul 11.00 29/04/2023 http://dp3ap2.jogjaprov.go.id/berita/detail/559-perilaku-seks-pranikah-remaja.
Husin, A. (2017). Peranan pendidikan kependudukan terhadap pelestarian lingkungan hidup. Demography Journal Of Sriwijaya (DeJoS), 1(1), 14-19. Retrieved from http://ejournal-pps.unsri.ac.id/index.php/dejos/article/view/2
Jayadevi, P. (2020). Cognitive and emotive aspects of learning population education among students in Chennai. International Journal of Research - Granthaalayah, 8 (2), 168-175.
Jayasuriya, J. E. (1974). Population education: Its goals, related guidelines, and considerations for curriculum.
Kartika, Y., & Hidayah, N. (2021). Implementasi program siaga kependudukan pada SMAN 1 Ngaglik Sleman. DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 10 (2), 174-190. https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i2.47322.
Mu'awwanah, U., & Ridho Illah, G. R. (2022). Problematika Kependudukan Indonesia. Al-Tsaman : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 4(1), 63-78. Retrieved from https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/Al-tsaman/article/view/877
Vintaria, V., Handini, M. C. ., Siregar, L. M. ., Manurung, K. ., & Sitorus, M. E. J. . (2023). Perilaku seks bebas pada remaja. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1409–1420. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15740
Nida, N. H. (2020). Perilaku seks pranikah remaja. tersedia pada laman: https://dp3ap2.jogjaprov.go.id/berita/detail?judul_seo=559-perilaku-seks-pranikah-remaja
Prasetyo, Y. (2014). Pengetahuan remaja tentang pendidikan kependudukan di Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Septiani, E., Setyowati, D., & Atmaja, H. (2022). Integrating Population Education in Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) in Building a Planned Generation. JESS (Journal of Educational Social Studies), 11(2), 113-121.
Sitorus, M. A. (2017). Integrasi pendidikan kependudukan ke dalam kurikulum dalam rangka pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 83-87.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitiatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Ulfah, R. (2021). Implementasi sekolah siaga kependudukan melalui pembelajaran geografi di MAN Insan Cendekia Tanah Laut, Jurnal Geografika: Geografi Lingkungan Lahan Basah, 2(2), 91-100. DOI: https://doi.org/10.20527/jgp.v2i2.5013
United Nations Population Fund (UNFPA). (2023). World population dashboard. https://unfpa.org/data/world-population-dashboard diakses pukul 11.00 29/04/2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.