Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199Keywords:
wordwall, motivation, social sciencesAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran WordWall terhadap motivasi belajar IPS. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas 7 SMP 58 Surabaya sebanyak 314 orang, dengan besaran sampel 40 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik dianalisis data menggunakan uji normalistas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2 tailed) 0,00 < 0,05, artinya terdapat perbedaan nilai antara pretest dan posttest akibat pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS.
The effect of using Word Wall learning media on social studies learning motivation
The research aims to determine the effect of WordWall learning media on social studies learning motivation. The study used an experimental method with the One-Group Pretest-Posttest Design model. The study population was 314 grade 7 students of SMP 58 Surabaya, with a sample size of 40 students. Samples were taken using a simple random sampling technique. Data collection techniques using tests. Techniques for analyzing data using the normality test, homogeneity test, and t-test. The results showed that the value of Sig. (2-tailed) 0.00 <0.05, meaning that there is a difference in scores between the pretest and posttest due to the influence of the use of Wordwall learning media on social studies learning motivation.
References
Adhetya, I. D. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140. DOI: 10.37542/iq.v3i01.57.
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(2), 98-107. DOI: 10.21831/jpai.v16i1.20173.
Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari sudut pandang teori hirarki kebutuhan maslow, teori dua faktor herzberg, teori x y mc gregor, dan teori motivasi prestasi mc clelland. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Management, 1(1), 45-54. DOI: 10.30996/jmm17.v2i01.422.
Hayati, N. (2020). Metode pembelajaran daring/e-learning yang efektif. Ganeshsa University of Education, 1(1), 1-10. DOI: 10.23887/jpiundiksha.v11i3.51513.
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., dan Naila, I. (2022). Penggunaan aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika selama pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33-43. DOI: 10.23887/jurnal_tp.v12i1.791.
Nasiwan, Sudrajat, & Wijayanti, A., T. (2017). Profesionalisme guru IPS SMP Kabupaten Sleman Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 4(2), 129-149. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v4i2.17572
Palittin, I. D. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109. DOI: 10.31942/mgs.
Prasetya, S. P. (2014). Media pembelajaran Geografi. Ombak.
Qotrunnada, S. (2016). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas vii smp plus yayasan pesantren darusalam banyuwangi. Jurnal Psikologi Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang, 1(1), 1-11. DOI: 10.18860/psi.v0i0363.
Rahmatullah, M. (2011). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran film animasi terhadap hasil belajar, 11(1), 178-186. DOI: 10.33394/jtp.v5i1.2854.
Ridho, M. (2020). Teori motivasi mcclelland dan implikasinya dalam pembelajaran PAI. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 1-16. DOI: 10.36088/palapa.v8i1.673.
Sari, M. K. (2014). Pengaruh media peta interaktif terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas iv sd. Premier Education, 2(2), 56-78. DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v4i01.307.
Sudarsono, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran game interaktif berbasis aplikasi webwordwall pada pelajaran matematika materi bilangan ganjil genap. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(8), 1-10.
Sudrajat. (2020). Revitalisasi nilai-nilai budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya, Jurnal Pendidikan: Teori dan Praktik, 5(1), 71-81. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%25p
Sugiyono (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan mixed method. Alfabeta.
Sukardi, T. (2019). Revalitas Pendidikan IPS di Indonesia. Pustaka Belajar.
Sukirno, S. D. (2015). Pengembangan media pembelajaran IPS dengan tema pemanfaatan dan pelestarian sungai untuk siswa kelas 7 SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 115-125. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7663.
Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning. Pustaka Belajar.
Surhani & Purwanti. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling , 5(2), 131-145.
Susarno, R. L. (2017). Teori dan Praktek Pendidikan. FIP Unesa.
Taufik, A. (2020). Perancangan mobile learning untuk meningkatkan dan menarik minat belajar ilmu nahwu berbasis android. STMIK Amik Riau, 6(1), 28-36. DOI: https://doi.org/10.33372/stn.v6i1.
Wahyuningrum, R. T. dan Azizah, P. I. (2020). Optimalisasi pendidikan karakter di masa pandemi dalam membentuk generasi Z berkarakter menuju era society 5.0. JIPSINDO: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 162-176. DOI: 10.21831/jipsindo.v7i2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.