Pengaruh sikap ekoliterasi, dan pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif

Yosep Rudiana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Mamat Ruhimat, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Dadang Sundawa, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh sikap ekoliterasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dan pengaruh sikap ekoliterasi pada interaksi antara pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan kusioner yang diberikan secara langsung kepada 29 peserta didik SMP Negeri 1 Rajapolah yang sebelumnya telah ditentukan melalui metode purposive sampling. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier, dengan uji hipotesis statistik t-test. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik imperesial dan perhitungnnya menggunakan aplikasi SPSS.  Analisis data tersebut meliputi: uji normalitas, uji-t atau Analisys Compare Means Independent T-Sample Test, skala sikap, uji linieritas, uji koefisien regresi, uji determinasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa sikap ekoliterasi dapat meningkatkan pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.  

The effect of ecoliteracy and project-based learning on creative thinking skills

This study intends to objectively analyse the influence between ecoliteracy, project-based learning, and students' creative thinking skills. It also studies the connection between ecoliteracy attitudes and the interaction between project-based learning and students' creative thinking skills. This study was conducted using a quasi-experimental research design. A written test and a questionnaire were administered directly to 29 students of SMP Negeri 1 Rajapolah. Utilizing a t-test for statistical hypothesis testing, linear regression analysis is the statistical method used. The collected data is then examined by computations in the SPSS program and imperial statistics. The following tests are included in the analysis of the data: the normality test, the t-test or Analysis Compare Means Independent T-Sample Test, the attitude scale, the linearity test, the regression coefficient test, the determination test, and the testing of hypotheses. The findings of this study suggest that a project-based learning approach can enhance students' capacity for creative thought.



Keywords


Ekoliterasi, Pembelajaran Berbasis Proyek, Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Ayu, Prantini, Atmadja, & Marhaeni. (2013). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Prestasi belajara IPS. Jurnal Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesa, 3.

Buhadi, A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Pengajuan Soal (Problem Posing) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan IPS, 2(1).

Kurniawan, G. F. (2022). Hakikat Ilmu Pengetahuan Sosial : Strategi memahami dan perbaikan kesalahan konsep. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 9(1), 64–78.

Laili, K., & Saliman. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII A Tahun Ajaran 2012/2013 Di SMP N 2 Sewon 2356-1807. Jurnal Social Studies UNY, 2(1), 1807–2356.

Prawiyanto, O. (2012). Model Bimbingan Belajar Behavioristik Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1).

Riyadi, S. (1986). Konsep Pendidikan Ekonomi. FP3ES.

Rohayati, Dahlan, & Nurjanah. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open-Ended. Jurnal Pengajaran MIPA UPI Bandung, 17(1), 34–41.

Ruhimat, M. (2019). Manusia, Tempat, dan Lingkungan. Penerbit Ombak.

Sandjaja, B., & Albertus, H. (2006). Panduan Penelitian. Prestasi Pustaka.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran (3rd ed.). Remaja Rosdakarya.

Septianko, R., Dwiningrum, S. I. A., Rukiyati, & Wulandari, T. (2022). Gaya Belajar, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 9(1), 93–102.

Tridjata, S. (2002). Mainan Pendidikan sebagai Media Ekspresi Kemampuan Kreatif Anak. ITB Central Library (Online). http://digilib.itb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptitbpp-gdl-s2-1998-caeculia1485-mainan

Wardani, N. S. (2011). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Ips Sd Melalui Diskusi kelompok. Jurnal Widya Sar, 13(1), 1–20.

Wati, D. U., & Rahman, A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VII A SMP N 2 Lamongan. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 257–271.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.